Dalam rangka untuk terus berkomitmen meningkatkan pelayanan dan menyediakan fitur-fitur yang semakin lengkap, TokoTalk melakukan update pada beberapa bagian yang saat ini sudah dapat kamu nikmati di akun TokoTalk kamu.
Gratis Biaya Retur COD
Sebelumnya, transaksi COD di TokoTalk yang gagal akan dikenakan biaya retur pengiriman bolak-balik dengan tambahan COD fee. Kini, biaya pengiriman awal saja yang ditanggung Seller. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca contoh perhitungan transaksi COD di bawah ini.
COD TokoTalk Sebelum Update
Jika customer tidak membayar/ menolak barang COD yang sudah dipesan, maka kurir akan mengembalikan barang ke seller dan Seller akan dikenakan biaya sebesar :
- 2 kali Ongkir (Ongkir pengiriman + Ongkir pengembalian)
- 2% COD Fee dari harga total (Harga produk + Ongkir)
Contoh:
Harga Produk : 200.000
Ongkir : 15.000
Jika barang di-return/dikembalikan, maka seller akan dikenakan:
Ongkir 2x = 15000 x 2 = 30.000
2% COD dari total harga = 2% * 215.000 = 4300
Maka seller akan dikenakan biaya pengembalian total senilai 30.000 + 4.300 = 34.300
Pemotongan poin = 343 poin
COD TokoTalk Setelah Update
Jika customer tidak membayar/ menolak barang COD yang sudah dipesan, maka kurir akan mengembalikan barang ke seller dan seller akan dikenakan biaya sebesar:
- 1 kali Ongkir saja
Contoh:
Harga Produk : 200.000
Ongkir : 15.000
Jika barang di-return/dikembalikan, maka seller akan dikenakan:
Ongkir 1x = 15000
Catatan:
- Pengenaan biaya akan memotong saldo poin seller yang ada.
- Jika poin seller 0, maka poin akan menjadi minus dan tidak dapat memproses order COD baru
- Pastikan status verifikasi kartu identitas kamu disetujui
Update Fitur Rating dan Testimoni
Ketika customer meng-klik display rating yang ditampilkan pada produk, maka akan diarahkan ke bagian testimoni & rating yang lebih lengkap di bagian bawah detail produk.
Fitur ini hanya berlaku pada bagian detail produk. Namun jika produk tidak memiliki testimoni, maka tampilan tidak akan diarahkan ke bagian bawah (tampilan tidak bergerak).

Selain itu, TokoTalk menambahkan filter Rating Bintang yang dapat memudahkan customer mengetahui rating dari sebuah produk. Selain itu, TokoTalk juga menambahkan informasi jumlah customer yang telah memberikan rating pada masing-masing rating yang sudah diberikan.
Fitur Rating Sebelum Update

Fitur Rating Sebelum Update

Terakhir, informasi pada tampilan testimoni & rating menjadi semakin lengkap dengan penambahan varian produk. Dengan begitu, customer dapat memperoleh informasi yang spesifik mengenai varian produk yang dinilai oleh customer sebelumnya.

Display Kuantitas Produk Terjual di Online Shop
Kamu dapat memilih untuk menampilkan jumlah produk yang telah terjual. Hal ini dapat dilakukan agar buyer mengetahui produk mana yang telah terjual dalam kuantitas besar sehingga ada urgensi untuk segera membeli produk tersebut sebelum kehabisan.
Aktifkan dengan mengaturnya pada setting-an rating di halaman TokoAdmin.
Jumlah produk yang telah terjual akan ditampilkan pada halaman Semua Produk (Katalog), Tampilan Produk dan Detail Produk
Jumlah produk yang telah terjual merupakan akumulasi dari seluruh varian yang terjual (jika produk memiliki varian).

Pengembangan Fitur Search pada Toko admin & Online Shop
Dengan adanya pengembangan fitur search/pencarian produk, kamu dan customer kamu akan lebih mudah mencari produk yang diinginkan karena dapat menggunakan salah satu kata yang ada di judul produk.
Sebagai catatan, untuk bisa menggunakan fitur ini, jumlah minimum produk yg ada di ALL PRODUCTS page adalah sebanyak 200 produk.

Menampilkan Harga Diskon Pada Katalog Facebook
Untuk kamu yang telah mengintegrasikan katalog website TokoTalk dengan katalog Facebook, sekarang kamu sudah bisa menampilkan harga coret pada katalog Instagram Shopping.

Caranya, dengan menambahkan harga awal sebelum diskon pada kolom Harga Eceran dan harga setelah diskon pada kolom Harga pada bagian detail masing-masing produk di Tokoadmin.

My Files (File Saya)
TokoTalk merilis fitur penyimpanan MY FILES pada Tokoadmin untuk mempermudah kamu dalam menyimpan/mengakses aset image/gambar berupa file JPG, PNG, SVG dan GIF. Jadi kalau kamu membutuhkan gambar produk yang sama, kamu hanya perlu mengakses fitur “File Saya”.
Aset aset pada MY FILES ini bisa digunakan untuk mengisi gambar pada Desain & Template serta Halaman Link Saya
Untuk mengaksesnya, masuk ke menu Pengaturan > Preferensi > File Saya
Catatan:
- Rekomendasi ukuran file gambar berukuran kurang dari 10 MB
- Batas penyimpanan sebanyak 100 gambar
- Untuk file GIF dapat ditambahkan namun tidak akan bergerak di tampilan online shop
Menarik sekali ya update fitur terbaru dari TokoTalk di bulan ini? Apabila ada masukan atau kendala, silakan hubungi TokoTalk Support lewat tombol bantuan di aplikasi TokoTalk admin kamu.