1. Home
  2. Statistik Penjualan
  3. Memahami Statistik Penjualan

Memahami Statistik Penjualan

Halaman statistik terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Statistik Toko, Statistik Produk, Statistik Customer, dan juga Statistik Operasional.

A. Laporan statistik toko

1. Statistik berdasarkan order


Pada statistik order, order dihitung berdasarkan tanggal order dibuat.
Total jumlah order yang kamu terima ( termasuk ongkir dan diskon ) tidak termasuk order Waiting List, Dibatalkan, dan Dikembalikan.

Nilai order baru sama dengan : Harga produk + ongkir – diskon – 3 digit kode unik (jika ada)  – diskon pengiriman.

  1. Nilai  – Nilai adalah jumlah nominal dari SEMUA order yang DIBUAT pada tanggal yang dipilih. 
  1. Jumlah – Jumlah adalah jumlah order yang DIBAYARKAN pada tanggal yang dipilih. Termasuk oder yang sudah dibayarkan, namun kemudian DIBATALKAN.
  1. Rata – Rata – Yang dimaksud dari Rata- rata adalah Jumlah Lunas per jumlah order

2. Statistik Berdasarkan Event


Pada statistik event, kejadian atau event ini dihitung berdasarkan setiap kali order dibuat atau ada perubahan yang dilakukan pada order tersebut.

Sebagai contoh :

Apabila pada tanggal 1 januari kamu mengubah status sebuah order menjadi “Lunas”, maka akan dicatat sebagai satu event dengan status order “Lunas” .

Apabila pada tanggal 2 januari kamu mengubah status order tersebut menjadi “Dibatalkan”, dan diubah kembali ke “Lunas” maka akan tercatat terdapat 2 order yang lunas pada tanggal 1 – 2 Januari 2020. Hal ini karena adanya dua aksi pelunasan order yang terjadi di dua hari yang berbeda.

  1. Total Lunas
    Nilai Order (Harga Produk – Diskon + Biaya Pengiriman ) untuk SEMUA order yang DIBUAT dan yang DIBAYARKAN pada tanggal yang dipilih. 
  1. Penjualan Bersih 

Nilai Order (Harga Produk – Diskon + Biaya Pengiriman) untuk order yang DIBATALKAN pada tanggal yang dipilih, DIKURANGI dengan nilai order yang sudah dibayarkan namun statusnya DIBATALKAN pada tanggal yang dipilih. 

( Untuk itu, nilai dari Penjualan Bersih dapat menjadi minus (-) apabila nilai order yang dibayarkan pada hari itu lebih kecil dari nilai order yang sudah terbayar namun dibatalkan pada hari yang sama ) 

  1. Laba Kotor 

Laba kotor adalah total order yang sudah lunas dikurangi semua pengeluaran ( pengiriman, produk dan biaya admin). 


Contoh : Jika order lunas adalah Rp100.000,- biaya pengiriman Rp10.000, biaya produk Rp20.000,- dan biaya admin Rp5.000,-. Maka perhitungannya adalah Rp100.000,- (Rp10.000 + Rp20.000 + Rp5.000) dan yang akan menghasilkan laba kotor sebesar Rp65.000,- 

  1. Jumlah Order Lunas 

Jumlah Order Lunas adalah Jumlah total dari order lunas pada periode ini. 

Pengeluaran

  1. Pengeluaran Pengiriman

Yang dimaksud dari Biaya Pengiriman adalah untuk semua order yang DIBUAT pada tanggal yang dipilih dan statusnya sudah DIBAYARKAN. 

  1. Pengeluaran Produk

Yang dimaksud dari Pengeluaran Produk adalah Harga pokok dari semua produk pada order yang DIBUAT pada tanggal yang dipilih dan statusnya sudah DIBAYARKAN.

  1. Pengeluaran EPAY 

Yang dimaksud dari Pengeluaran EPAY adalah total biaya admin EPAY yang dikenakan kepada seluruh Order Lunas yang menggunakan metode pembayaran EPAY. 

Pengunjung Harian adalah Jumlah orang yang mengunjungi pada website Toko online kamu. Perlu menjadi catatan untuk pengunjung harian ini memiliki beberapa ketentuan : 

  1. Bersifat Unique, maksudnya adalah satu pengunjung hanya terbaca sebagai 1 x kunjungan. 
  2. Kunjungan akan direset setiap harinya. 
  3. Apabila pengunjung mengakses toko online kamu melalui browser dengan mode rahasia ( browser incognito), maka akan terbaca sebagai kunjungan baru, meskipun sudah mengunjungi toko online kamu melalui browser dengan mode normal di hari yang sama. 
  4. Apabila kamu sebagai pemilik akun mengunjungi atau mengakses halaman Desain pada toko admin maka akan terbaca sebagai 1 x kunjungan di Toko online. 
  5. Untuk setiap order yang dibuat secara manual oleh seller pada toko admin akan menambah 1 x jumlah kunjungan.

Conversion Rate Kunjungan ke Pembelian 

  1. Dikunjungi 

Jumlah orang yang mengunjungi Toko online kamu. 

  1. Produk Dilihat

Jumlah orang yang melihat detail produk pada Toko online kamu. 

  1. Ditambahkan ke Keranjang 

Jumlah orang yang menambahkan produk ke keranjang. 

  1. Memulai Pesanan

Jumlah orang yang mengunjungi Toko online kamu sampai dengan mengiri form pemesanan. 

  1. Pemesanan Selesai

Jumlah orang yang mengunjungi Toko online kamu sampai dengan memilih metode pembayaran. 

  1. Persentase Coversion Rate

Jumlah Pemesanan Selesai dibagi dengan Jumlah Pengunjung.

B. Laporan Statistik Produk

Produk Terlaris

  1. Produk Terlaris Berdasarkan Produk – Maksudnya adalah produk yang paling banyak diorder, baik yang sampai dibayarkan ataupun tidak, pada rentang tanggal yang dipilih, beserta jumlahnya.
  1. Produk Terlaris Berdasarkan Varian Produk – Maksudnya adalah produk yang paling banyak diorder, baik sampai dibayarkan ataupun tidak pada rentang tanggal yang dipilih beserta jumlahnya. 

Produk Kategori Terlaris 

Kategori Terlaris merupakan Kategori dari Produk yang paling banyak diorder oleh pembeli, baik yang sampai dibayarkan ataupun tidak, pada rentang tanggal yang dipilih beserta jumlah produknya.

C. Laporan statistik customer

Customer Terbaik 

  1. Customer terbaik dilihat dari urutan 10 customer teratas berdasarkan nilai order yang sudah DIBAYARKAN 
  2. Persentase yang dimaksud adalah persentase kontribusi nilai order terhadap Penjualan Bersih. 
  3. Tidak termasuk customer dengan status order DIBATALKAN setelah dibayar. 

Info Demografi

  1. Urutan kota / wilayah teratas dilihat dari urutan 10 kota teratas berdasarkan nilai order yang sudah DIBAYARKAN. 
  2. Persentase yang dimaksud adalah persentase kontribusi nilai order terhadap Penjualan Bersih. 
  3. Tidak termasuk kota dari customer dengan status order DIBATALKAN setelah dibayar. 

 Metode pembayaran 

Hal ini yang dimaksud adalah metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh customer kamu berdasarkan total order yang sudah dibayar. 

Kunjungan Saluran Penjualan

Kunjungan saluran penjualan dilihat dari jumlah pengunjung pada tiap-tiap saluran penjualan yang dimiliki atau diaktifkan oleh seller, yang di akses custome melalui toko online kamu. 

D. Laporan Statistik Operasional

  1. Performa staf

Pada performa staf, peringkat staff akan diurutkan berdasarkan nilai total penjualan dari order yang sudah lunas. 

  1. Keuntungan

TokoTalk saat ini sudah menyediakan banyak fitu untuk membantu kamu menjalankan toko online dengan mudah. Kamu dapat melihat detail apa saja yang sudah kamu hemat dengan menjalankan toko online kamu di TokoTalk. Seperti detail contoh berikut ini : 

Catatan Tambahan : 

  • Data yang ditampilkan adalah data real-time, namun terdapat kemungkinan keterlambatan sampai dengan 15 menit. 
  • Pada bagian Conversion Rate dapat mengalami keterlambatan sampai dengan 6 jam, karena TokoTalk mengambil data tersebut dari Google Analytics. 
  • Jika data yang tersedia hanya 1 hari, maka TokoTalk admin tidak akan menampilkan grafik. 
  • Seller dapat mengetahui perbandingan perfoma toko untuk rentang waktu yang diinginkan. 
  • Laporan Penjualan yang diunduh akan berisi detail dari semua order yang dibuat pada tanggal yang dipilih. 
Updated on 25 Maret 2021