1. Home
  2. Customer
  3. Panduan Mengelola Program Membership

Panduan Mengelola Program Membership

Program Membership berguna untuk mengatur level customer dan memberikan diskon atau benefit yang sesuai.

Terdapat empat level membership, yaitu Classic, Silver, Gold, dan Platinum. Level membership tidak harus digunakan semuanya dan bisa dinonaktifkan bila tidak diperlukan. Sementara itu, benefit yang bisa didapatkan oleh member adalah Reward Poin dan Voucher Ulang Tahun.

Level membership customer akan ditinjau secara berkala berdasarkan ketentuan nilai pembelian yang telah diatur sebelumnya.

Mengaktifkan Program Membership

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan Program Membership:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Program Membership
  2. Pilih level membership yang ingin digunakan, lalu klik Ubah
  3. Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan level membership
  4. Geser toggle ke kanan pada bagian Persyaratan Membership jika kamu ingin menentukan kriteria customer kamu untuk menjadi member

    Kamu bisa menentukan periode dan minimal nilai pembelian sebagai persyaratan untuk menjadi member, misalnya minimal nilai pembelian Rp1.000.000,- dalam periode tiga bulan.
  5. Geser toggle ke kanan pada bagian Voucher Diskon Ulang Tahun untuk mengaktifkan fitur ini

    Member akan menerima email berisikan Voucher Diskon Ulang Tahun atau Birthday voucher setiap tanggal 1 pada bulan kelahiran mereka pada bulan setelah mereka melakukan pembelian.

    Contoh kasus: Pembeli memiliki ulang tahun pada bulan Agustus dan melakukan order di website pada bulan Agustus. Pembeli tidak akan mendapatkan voucher ulang tahun di bulan yang sama, melainkan pada bulan Agustus di tahun depan. Jadi, untuk mendapatkan voucher ulang tahun, pembeli harus melakukan transaksi di website satu bulan sebelum ulang tahun mereka.
  6. Geser toggle ke kanan pada bagian Gunakan Poin jika kamu menghadiahkan Poin setiap member melakukan pembelian
  7. Klik Simpan

Melihat Status Membership Customer

Status dan level membership customer dapat dilihat di halaman Detail Customer. Dari TokoTalk Admin buka halaman Customer > Semua Customer, lalu klik pada nama customer yang ingin dilihat.

Pada halaman Detail Customer, kamu dapat melihat level membership, Poin yang dimiliki, dan riwayat serta status voucher yang pernah diberikan.

Ketentuan Program Membership

  1. Status membership dipengaruhi oleh dua hal, yaitu: Pertama, dari pesanan yang sudah berstatus COMPLETED (Selesai). Kedua, customer melakukan login saat order dibuat.
    Contoh: Apabila seller membuat membership pada tanggal 1 November dengan syarat minimal pembelian Rp1.000.000 dalam sebulan terakhir, maka pelanggan dengan nominal pembelian Rp1.000.000 pada 1 bulan terakhir akan otomatis masuk ke dalam status membership. (Pastikan customer pada saat order harus login terlebih dahulu). 
  2. Mengenai status periode review untuk status membership, status akan dihitung dari tanggal penjual melakukan pengecekan status membership.
    Contoh: Penjual melakukan pengecekan status membership pada tanggal 2 November, maka sistem akan me-review data pembelian semua customer sebulan terakhir dari tanggal 2 November. Selanjutnya, akan dilakukan penyesuaian status membership untuk masing-masing customer tersebut.
  3. Ketentuan naik status (upgrade) atau turun status (downgrade) membership akan dilihat dari nominal pembelian sesuai dengan level membership yang sudah di-setting pihak penjual pada masing-masing level membership. 
  4. Status membership dapat dilihat jika customer melakukan login. Apabila customer A sudah tercatat sebagai member Silver pada tanggal 2 Agustus, namun setelahnya tidak pernah melakukan order atau login di toko penjual, maka status membership akan tetap Silver. Status membership customer A akan di-review kembali pada saat customer melakukan login kembali di toko penjual. 
  5. Terkait poin yang akan diperoleh oleh member akan dilihat pada saat customer sudah memenuhi syarat setelah menjadi anggota membership. Apabila pelanggan sudah menjadi member pada tanggal 2 November, maka jika pelanggan dalam periode 1 bulan ke depan sudah memenuhi minimal pembelian yaitu Rp1.000.000, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan cashback sesuai dengan ketentuan yang penjual berikan.
Updated on 9 November 2021

Related Articles