1. Home
  2. Toko Online
  3. Persiapan Membuka Toko di TokoTalk

Persiapan Membuka Toko di TokoTalk

Sudah daftar TokoTalk? Langkah selanjutnya, kamu perlu melalukan persiapan membuka toko online.  Mempersiapkan sejak awal tentunya dapat mempermudah proses kamu untuk dapat segera berjualan. Berikut ini beberapa hal yang kamu perlu siapkan untuk memuat toko melalui TokoTalk:

#1 Email dan Nomor handphone

Pastikan kamu sudah menyiapkan alamat email dan nomor handphone yang akan digunakan untuk mendaftarkan toko kamu. Nantinya nomor handphone yang aktif ini digunakan untuk dapat melakukan verifikasi melalui OTP yang akan dikirimkan dari TokoTalk.

#2 KTP

Terkait alasan keamanan, kamu harus meng-upload KTP untuk verifikasi identitas sebelum dapat mengoperasikan tokomu sepenuhnya. Jangan khawatir karena data diri kamu dijamin aman.

#3 Informasi Rekening Toko

Persiapan membuka toko yang tak kalah penting yaitu mempersiapkan rekening bank yang aktif untuk dapat didaftarkan ke TokoTalk. Rekening yang dapat didaftarkan dapat berupa rekening pribadi, rekening badan usaha (CV) ataupun rekening badan hukum (PT).

Setiap brand biasanya memiliki logo yang menjadi identitas brand tersebut.  Terkait hal tersebut, kamu perlu mempersiapkan foto logo untuk toko kamu.  Rekomendasi ukuran foto logo adalah 200×200 px (format persegi)

#5 Foto Banner

Halaman website biasanya memiliki banner yang terpampang besar di halaman utamanya, Persiapkan juga foto banner yang merupakan bagian dari personalisasi halaman utama toko kamu. Ukuran gambar banner yang direkomendasikan adalah yang memiliki ukuran resolusi 1920×1080 px

#6 Foto Produk

Pastinya kamu ingin produk yang diperjualbelikan di toko kamu dapat dilihat calon pembeli, ‘kan? Persiapkan foto produk terbaikmu untuk dapat ditampilkan, sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli. Harapannya calon pembeli tertarik dan melanjutkan pembelian produk yang ditawarkan di toko kamu.

Berikut ini beberapa rekomendasi ukuran foto produk:

  • 1080 x 1080 px (persegi)
  • 1080 x 1920 px (vertikal)
  • 1920 x 1080 px (horizontal)

Pastikan untuk tidak menggunakan foto produk dalam bentuk kolase agar lebih jelas.

#7 Foto Kategori (Opsional)

TokoTalk menyediakan fitur pengkategorian produk yang dijual di toko kamu, setiap kategori ini dapat diberikan foto yang mewakili kategori tersebut.

#8 Informasi Deskripsi Produk dan Stok

Setiap calon pembeli menginginkan penjelasan dan deskripsi produk yang diinginkannya sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan deskripsi setiap produk yang kamu akan jual di toko online kamu.

Siapkan status produk yang kamu jual apakah dijual dengan menggunakan stok, selalu ada stok ataupun dengan mekanisme pre-order. Apabila kamu menggunakan stok untuk produk di tokomu maka kamu perlu data mengenai stok produkmu untuk dapat dimasukkan informasi tersebut ke toko online kamu

#9 Informasi Akun Instagram Toko Kamu

Kini media sosial bersifat sebagai media informasi serta bisa menjadi jalur marketing dari produk yang kamu jual. TokoTalk menyediakan fitur yang dapat mengintegrasikan instagram dengan toko online kamu, sehingga calon pembeli dapat mengakses toko online dari akun instagram toko kamu. TokoTalk juga bisa membantu kamu memiliki Instagram Shopping, caranya kamu bisa cek panduan pengaturan Instagram Shopping untuk mendapatkan informasi lengkap.

#10 Brand Guidelines (Font &Warna)

Toko online yang menarik perlu didukung daripada pemilihan font serta warna yang sangat menggambarkan brand kamu. Pastikan untuk konsistem dalam menggunakan perpaduan warna yang menjadi tema atau nuansa dari toko online. Kamu bisa mencari referensi mengenai font dan palet warna melalui laman pencari pilihan kamu.

Updated on 16 Februari 2022

Related Articles