1. Home
  2. Pengiriman
  3. Mengirimkan Order secara Online (Cashless Shipping)

Mengirimkan Order secara Online (Cashless Shipping)

Pengiriman online tersedia untuk SiCepat, JNE, J&T, TIKI, GoSend, SAP Express, dan Indah Cargo. Untuk Sicepat, JNE, SAP, J&T, GoSend ongkos kirim dibayar menggunakan Poin dan kemudian kurir yang bersangkutan akan mengambil paket di alamat pilihanmu. Namun untuk TIKI dan Indah Cargo, ongkos kirim dibayar menggunakan Poin dan penjual harus drop off ke gerai terdekat.

Perlu diketahui untuk Wahana, Pos Indonesia, dan JET Express ongkos kirim dibayar manual dan penjual harus drop off ke gerai terdekat (tidak bisa pick up).

Pengiriman menggunakan DHL dan Janio harus mendaftar terlebih dahulu ke website masing-masing dan pembayaran dilakukan langsung kepada pihak DHL dan Janio tanpa melalui TokoTalk. Penjual harus melakukan drop off ke gerai terdekat (tidak bisa pick up).

Untuk Janio dan DHL, Harga yang tertera pada sistem TokoTalk, merupakan tarif pengiriman saja, belum termasuk biaya pajak dan lain-lain.

Kirim menggunakan sistem pick-up

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirim order secara online menggunakan sistem pick-up (penjemputan paket):

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order.
  2. Pilih dan centang Order Baru yang ingin kamu kirim.
  3. Klik Order Dikemas untuk mengubah status order dari Lunas menjadi Dikemas.
  4. Klik Order Dikirim.
  5. Klik Bayar Pengiriman, kemudian pilih Pesan penjemputan paket. Pastikan kamu telah memasukkan alamat lengkap untuk pick-up di bagian pengaturan di TokoTalk Admin karena jika kamu belum melakukannya, kurir tidak bisa pick-up.
  6. Klik Pesan Pengiriman.
  7. Klik Cetak > Cetak Label.
  8. Akan ditampilkan label pengiriman yang harus dicetak dan ditempelkan pada paket yang akan dikirimkan. Pastikan kode AWB dan barcode tertera di label pengiriman agar memudahkan kurir untuk scan dan memproses paket.

Kirim menggunakan sistem drop-off

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirim order secara online menggunakan sistem drop-off (antar ke gerai):

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order.
  2. Pilih dan centang Order Baru yang ingin kamu kirim.
  3. Klik Order Dikemas untuk mengubah status order dari Lunas menjadi Dikemas.
  4. Klik Order Dikirim.
  5. Pilih Bayar Pengiriman, kemudian klik Pesan drop-off paket. Lihat daftar gerai terdekat dari lokasi kamu yang menerima layanan drop-off paket. 
  6. Klik Pesan Pengiriman.
  7. Klik Cetak > Cetak Label. Nomor resi akan kamu dapatkan secara otomatis pada label.
  8. Akan ditampilkan label pengiriman yang harus dicetak dan ditempelkan pada paket yang akan dikirimkan. Pastikan status yang tertera adalah drop-off, serta terdapat kode AWB dan barcode di label pengiriman agar memudahkan kurir untuk scan dan memproses paket.

Updated on 10 Agustus 2021

Related Articles