1. Home
  2. Google Shopping
  3. Apa Itu Google Shopping? Cek Panduan Lengkap Menggunakannya!

Apa Itu Google Shopping? Cek Panduan Lengkap Menggunakannya!

Google Ads mungkin terdengar familiar bagi sebagian orang, tapi apakah kamu sudah tahu tentang Google Shopping? Ketahui perbedaan dengan Google Ads dan juga cara pakainya!

Apa Itu Google Shopping?

Google Shopping adalah layanan dari Google yang memungkinkan kamu untuk menampilkan produk, harga, dan link produk kamu ke halaman utama Google.

Contohnya seperti ini:
Ketika kamu mengetikkan “Kaos Too Close” kamu bisa menemukan produk kamu di tab Shopping.

Google Shopping

Sayangnya, tidak semua produk ditemukan semudah itu. Semakin spesifik kata kunci yang diketikkan, semakin besar kemungkinan produk kamu ditemukan.

Bukankah kebanyakan orang mencari produk di Google dengan kata kunci yang umum seperti “Kaos Hitam Pria” dibandingkan “Kaos Too Close”?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut, kita akan bahas secara lengkap di artikel kali ini.

Pada dasarnya, Google dan Facebook memiliki beberapa kemiripan secara konsep beriklan.

Jika kamu sudah pernah menggunakan Facebook Ads atau mungkin Instagram Shopping, kamu pasti sudah mengerti bahwa kamu harus memiliki Facebook Catalogue sebagai tempat untuk menyimpan produk-produk kamu.

Facebook Catalogue

Di Google, kamu membutuhkan hal yang sama juga seperti Facebook Catalogue, yaitu Google Merchant Center (GMC). GMC memungkinkan kamu untuk mengunggah produk-produk yang ingin kamu iklankan.

Kamu juga bisa menggunakan GMC untuk menyambungkan produk yang ada di website kamu dengan GMC, sehingga kamu tidak perlu repot untuk unggah produk satu per satu lagi.

Kabar baiknya, TokoTalk sudah menyediakan fitur Google Shopping dengan proses penyambungan (integrasi) yang sangat mudah dengan Google Merchant Center (GMC) yang sudah terdaftar.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kamu harus bisa memahami perbedaannya dengan Google Ads!

Apa Perbedaan Google Ads dengan Google Shopping?

Perbedaan Google Shopping dan Google Ads

Kedua produk dari Google ini memang sama-sama berfungsi untuk mendatangkan traffic hingga penjualan ke toko kamu, tapi tetap ada bedanya.

Beberapa perbedaan Google Ads dan Google Shopping:

  • Google Shopping tampilannya berupa foto produk, harga dan link, sedangkan Google Ads hanya menampilkan iklan berupa kata-kata dan link yang bisa diklik saja.
  • Tidak perlu mengatur keyword di Google Shopping, sedangkan di Google Ads kamu harus menentukan keyword apa saja yang menjadi targetmu.
  • Google Shopping cocok untuk kamu yang punya banyak produk dan websitemu berupa e-commerce, sedangkan Google Ads cocok untuk kamu gunakan saat produk yang kamu punya berupa produk yang spesifik dan dalam volume yang tidak terlalu besar.

Perbandingan Google Ads dan Google Shopping

Mana yang lebih baik? Sebenarnya tidak ada yang lebih baik di antara Google Ads atau Google Shopping.

Hanya saja, jika kamu menjalankan bisnis yang berbasis e-commerce, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal ini:

  1. Google Shopping lebih ideal untuk digunakan jika produk yang kamu punya cukup banyak. Misalkan kamu punya 50 produk berbeda, untuk menggunakan Google Ads, kamu harus punya masing-masing satu halaman untuk beriklan. Tentunya ini akan menyita banyak waktumu untuk mengatur iklan satu per satu.
  2. Google Shopping biasanya menghasilkan lebih banyak klik dan CTR yang lebih besar.
  3. Google Ads lebih bagus jika kamu memiliki sedikit produk dan iklan berdasarkan kata kunci.

Sudah paham perbedaan keduanya? Selanjutnya kita akan membahas lebih jauh lagi!

Google Shopping dibagi menjadi dua, yaitu Google Standard Shopping dan Google Smart Shopping. Lebih jelasnya, kamu bisa pahami tabel berikut ini:

Perbandingan Google Shopping

Mana iklan yang digunakan di TokoTalk?

TokoTalk menggunakan Google Smart Shopping dengan tujuan untuk memudahkan kamu menjalankan iklan. Semua sudah otomatis, bahkan tanpa bantuan digital marketing agency, sekarang kamu sudah bisa menjalankan iklan sendiri!

Syarat dan Ketentuan Membuat Google Shopping

1. Pastikan Website Memiliki Syarat & Ketentuan serta Kontak

Di bagian footer pada website kamu, pastikan kamu sudah memiliki ketentuan pengembalian barang dan kontak yang bisa dihubungi.

Kamu bisa menambahkan footer di website toko online jika sudah berlangganan Paket Premium atau Pro. Fitur footer ini berfungsi sebagai salah satu syarat untuk mendaftar Google Shopping, karena pihak Google mengharuskan adanya informasi toko atau Kebijakan Toko yang lengkap di bagian footer pada website toko online.

Apabila kamu sudah masuk ke menu Google Shopping seperti berikut, maka di bagian shop information akan diminta untuk melengkapi beberapa informasi di bagian footer terlebih dahulu dengan klik “Tambahkan”. Untuk bagian yang sudah bertanda ceklis artinya kamu sudah menampilkan informasi tersebut di footer, jika belum ada tanda ceklis artinya kamu harus menambahkan informasi tersebut di footer. 

Tampilan pada TokoTalk Admin

2. Jaga Kualitas Foto Produk

Kualitas produk sangat penting untuk Google Smart Shopping. Sebaiknya kamu menggunakan foto original untuk tokomu, jangan pernah menggunakan foto stok dari website semacam Pixabay, Ebay, Amazon, dan lain-lain.

Foto produk latar putih

Pastikan juga tidak ada watermark di dalam fotomu ya, karena jika foto ada watermark, kemungkinan besar produkmu akan ditolak.

Gunakan file berekstensi .jpg, .jpeg, .png, .bmp, .tif, .gif. Maksimal besar foto yang diupload adalah 16 MB.

3. Masukkan Detail Informasi Produk yang Lengkap

Deskripsi produk

Pastikan setiap produkmu memiliki nama produk, harga, dan deskripsi yang sesuai. Usahakan menulis deskripsi dengan panjang 70 kata. Boleh lebih dari itu, namun sisa deskripsi tidak akan ditampilkan oleh Google.

4. Pakai Nama Produk Sesuai Target Kata Kunci

Nama produk berkaitan dengan keyword yang akan dicari oleh calon pembeli kamu. Contoh di bawah, orang tidak akan mencari dengan kata kunci “Sockie Sweater” karena pembeli kamu tidak tahu apa nama produkmu secara spesifik.

Nama Produk

Mereka akan mencari di Google dengan kata kunci yang lebih umum, misalnya “Pocket Sweater Men”. Jadi dengan kamu menambahkan kata kunci general ke nama produkmu, produkmu akan semakin mudah dicari oleh calon pembeli dan kemungkinan terjadinya penjualan pun akan meningkat.

5. Pastikan Website Sudah Mobile Friendly

Seberapa sabar kamu menunggu halaman yang sedang loading? 10 detik? 5 detik? Atau bahkan 3 detik?

Sama halnya dengan kamu, calon pembelimu pun kemungkinan tidak punya banyak waktu untuk menunggu loading halaman. Selain itu, tampilan website yang mobile friendly juga sangat penting untuk memudahkan calon pembeli melakukan transaksi.

Jadi, pastikan kamu menggunakan website yang mobile friendly dan memiliki loading yang cepat ya. Kamu bisa pakai TokoTalk yang sudah terjamin cepat dan ringan.

Penyebab Google Smart Shopping Tidak Bisa Digunakan

Kamu tidak dapat menggunakan Google Smart Shopping jika tokomu:

  • Menjual jasa, travel, kendaraan dan binatang peliharaan.
  • Tidak bisa melakukan pengiriman barang.
  • Mewajibkan calon pembeli untuk login.

Barang yang Tidak Bisa Dijual di Google Shopping

1. Barang Palsu atau Barang Bermerek Tanpa Lisensi
Barang palsu yang dimaksud adalah jika kamu menjual dengan merek yang sama persis dengan merek terkenal yang beredar di pasaran. Barang bermerek yang dijual tanpa lisensi juga dibatasi oleh Google. Contohnya Adidas, Nike, Balenciaga, dll.

2. Minuman Keras
Kamu dilarang untuk menjual bir, alkohol, anggur, sake, soju, dan sebagainya.

3. Narkotika
Kamu tidak diperkenankan untuk menjual zat psikotropika, heroin, kokain, ganja, dll.

4. Senjata dan Barang Berbahaya
Dilarang menjual senjata api, bahan peledak, kembang api, dll.

5. Barang atau Jasa yang Mengandung Unsur Perjudian
Misalnya judi bola, taruhan sabung ayam, dll.

6. Jasa yang Melanggar Hukum
Seperti jasa memanipulasi nilai akademi atau dokumen palsu.

7. Menjual Konten Tidak Pantas
Contoh: Pembunuhan, penjualan satwa langka, intimidasi, sex online, iklan dengan kata kasar, pemerasan, ancaman, dll.

8. Menjual Konten Dewasa
Google juga tidak mengizinkan jenis konten khusus dewasa, beberapa jenis iklan yang berorientasi dewasa diizinkan jika mematuhi kebijakan dan tidak menargetkan pengguna di bawah umur.

9. Konten Politik
Sebagai contoh, mendukung salah satu partai atau kandidat calon presiden, dll.

Lebih mudah lagi jika kamu beriklan menggunakan Google Smart Shopping dari TokoTalk. Mau tahu caranya?

Cara Menggunakan Google Shopping di TokoTalk

Jika kamu sudah memastikan produkmu cocok untuk beriklan di Google Smart Shopping dan tidak melanggar ketentuan apapun, selamat!

Sekarang kamu bisa langsung mengaturnya di TokoTalk dengan cara login ke dasbor kamu.

Cara Pakai Google Shopping di TokoTalk

1. Cek menu paling bawah di TokoAdmin, lalu klik Menu Digital Marketing > Google Shopping > Klik Hubungkan Google Shopping.

2. Setelah itu, kamu akan melihat informasi berikut. Mohon tunggu hingga tombol “Set Up Google Shopping” tersedia dalam 1-3 hari kerja.

3. Cek menu Digital Marketing > Google Shopping secara berkala, lalu klik tombol Set Up Google Shopping.

4. Setelah itu, kamu akan melihat ID Google Merchant Center yang sudah kamu dapatkan otomatis dari TokoTalk. Di samping kanan, kamu bisa melihat ada tiga tombol yang dapat diklik.

5. Klik Hubungkan Produk > ikuti langkahnya. Produk akan sinkron ke Google Merchant Center secara otomatis kurang lebih 5-7 hari kerja.

6. Klik Klaim Website > Tunggu hingga website kamu berhasil diklaim. Proses klaim website dari Google sekitar 6 jam sampai maksimal 1 hari kerja.

7. Klik Verifikasi, kemudian kamu akan melihat informasi bahwa proses verifikasi nomor handphone akan dibantu oleh tim TokoTalk. Tim TokoTalk akan menghubungi kamu via nomor WhatsApp yang terdaftar di TokoTalk.

8. Jika scroll ke bawah pada halaman yang sama, kamu bisa menambahkan Informasi Toko. Klik Tambahkan pada setiap tombol agar informasi tokomu di footer website, dapat muncul secara otomatis.

9. Jika persiapan Google Shopping sudah siap, tombol Buat Campaign akan berubah menjadi biru dan bisa diklik. Kamu bisa klik Buat Campaign untuk membuat kampanye Google Shopping di TokoTalk.

10. Isi detail campaign kamu dimulai dari Nama campaign. Durasi campaign minimal 14 hari. Kamu bisa memilih periode lainnya yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Selanjutkan tentukan biaya harian, 1 poin setara dengan 100 rupiah. Biaya harian yang disarankan Google adalah 150.000 atau setara dengan 1.500 poin.

Langkah terakhir, pastikan poin kamu mencukupi. Jika poin kamu tidak cukup, kamu bisa mengisinya terlebih dahulu ya. Selamat mencoba!

Apabila kamu membutuhkan bantuan mengenai Google Shopping, kamu bisa hubungi TokoTalk Support atau klik tombol bantuan dari TokoTalk Admin.

Updated on 21 Maret 2022

Related Articles