1. Home
  2. Pembayaran
  3. Menggunakan Metode Cash on Delivery (COD)
  1. Home
  2. Pengiriman
  3. Menggunakan Metode Cash on Delivery (COD)

Menggunakan Metode Cash on Delivery (COD)

Cash on Delivery atau COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung kepada kurir di tempat saat order diterima oleh customer. Layanan pengiriman yang mendukung metode pembayaran COD adalah JNE, SAP Express, dan SiCepat Ekspres.

Ketentuan COD

Siapa saja yang bisa menggunakan metode COD?
Semua seller bisa menggunakan metode COD.

Bagaimana cara kerja metode COD?
Seller melakukan pemesanan COD di halaman Order, kemudian kurir akan menjemput paket di alamat seller. Paket tersebut akan dikirim ke customer. Customer harus melakukan pembayaran senilai jumlah yang tertera di label pengiriman. Pembayaran COD akan diterima oleh seller dalam kurun satu hari kerja setelah customer menerima order dan melakukan pembayaran ke kurir.

Apakah terdapat jumlah order minimal untuk metode COD?
Tidak ada jumlah order minimal.

Apakah terdapat jumlah order maksimal untuk metode COD?
SiCepat Ekspres membatasi nilai order hingga Rp15.000.000, JNE hingga Rp5.000.000, sedangkan untuk SAP Express tidak ada batasan maksimal. Mohon diingat bahwa nilai order di sini merupakan biaya COD plus harga barang.

Produk apa saja yang dapat menggunakan metode COD?
Semua produk bisa menggunakan fitur COD, tetapi harus tetap mengacu pada kebijakan masing-masing kurir serta syarat dan ketentuan yang berlaku di TokoTalk.

Apakah metode pembayaran COD berlaku untuk semua wilayah?
Tidak semua wilayah bisa menggunakan metode COD, bergantung pada cakupan area masing-masing kurir. Namun, sistem TokoTalk tidak akan menampilkan metode COD pada customer yang berada di luar wilayah cakupan kurir COD.

Bagaimana customer saya mengetahui order mereka siap dikirim?
Customer akan menerima SMS notifikasi yang berisi nomor resi ketika order sudah dikirim oleh seller. Customer juga bisa melihat status di halaman Detail Order.

Mengaktifkan metode COD

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan metode COD:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Pengaturan > Preferensi > Metode Pengiriman.
  2. Pilih kurir yang ingin diaktifkan metode COD-nya, misalnya JNE. Geser toggle ke kanan pada bagian Cash on Delivery (COD) Aktif untuk mengaktifkan metode COD.

Memproses order COD

Berikut adalah alur proses order COD di toko online kamu:

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memproses order COD dari customer:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Order dan pilih kolom Baru.Order COD akan memiliki teks keterangan COD yang terletak di bawah nilai sub-total pembayaran. Klik tombol Baru di Status Order yang diinginkan.
  2. Setelah kamu klik tombol Baru, maka status order tersebut akan otomatis berpindah ke Dikemas. Selanjutnya, klik tombol Dikemas untuk request kurir atau layanan penjemputan paket . 
  3. Atau, kamu juga bisa klik order customer tersebut, kemudian akan muncul tombol Order Dikirim yang juga akan mengarahkan kamu untuk request kurir atau layanan penjemputan paket.
  4. Setelah klik Dikemas atau Order Dikirim, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian, klik Layanan Penjemputan Paket.
  5. Ketika sudah berhasil memesan layanan penjemputan paket, akan muncul pop up “Berhasil Dipesan”. Kemudian, klik Konfirmasi.
    Jika dalam 2 x 24 jam kurir belum datang, hubungi layanan call center ekspedisi di nomor yang sudah tertera.
  6. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan resi otomatis. Klik Cetak untuk mencetak label pengiriman.
  7. Tempelkan label pengiriman di paket customer karena informasi dan biaya yang harus dibayar oleh customer tertera di label pengiriman tersebut.

Mengecek status order COD

Pada halaman Order > Detail Order, klik Melacak. Atau, salin nomor resi dan lacak di website masing-masing ekspedisi.

Order yang menggunakan COD akan berpindah secara otomatis ke Selesai ketika order sudah diterima oleh customer. Kemudian, dana transaksi akan masuk ke saldo EPAY sehari setelah customer menerima order.

Catatan:
Kamu tidak perlu membayar apa pun kepada kurir karena ongkir ditanggung oleh customer. Namun, kamu akan dikenakan biaya pengembalian barang jika order tersebut gagal diantar ke customer, misalnya akibat alamat customer tidak ditemukan, customer tidak bisa membayar, dan sebagainya.

Updated on 10 Mei 2021

Related Articles