1. Home
  2. Order
  3. Mengubah Pengaturan Order
  1. Home
  2. Toko Online
  3. Mengubah Pengaturan Order

Mengubah Pengaturan Order

Berikut adalah pengaturan order yang bisa kamu lakukan demi kenyamanan customer berbelanja di tokomu. Kamu bisa membukanya dari halaman Pengaturan > Preferensi > Order.

Pembatalan order otomatis

Kamu bisa menentukan batas pembayaran sebuah order di tokomu. Sebagai contoh, customer hanya diberi waktu hingga 6 jam untuk melakukan pembayaran. Jika customer tidak melakukan pembayaran dalam waktu 6 jam, maka order tersebut akan berubah menjadi Dibatalkan secara otomatis.

Pembatalan order otomatis ini tidak berlaku untuk order dengan metode pembayaran bayar di tempat (COD), dikarenakan customer dapat membayar setelah menerima order.

Minimal jumlah per order

Apabila kamu adalah penjual grosir, maka kamu boleh coba membatasi customer untuk membeli sejumlah barang terlebih dahulu agar bisa melanjutkannya ke pembayaran. Sebagai contoh, customer harus menambahkan minimal 5 produk apa saja ke dalam keranjang mereka agar bisa checkout.

Maksimal jumlah per order

Jika sebelumnya adalah minimal jumlah per order, maka sekarang adalah maksimal jumlah produk yang bisa dipesan per order. Fitur ini sangat berguna untuk flash seller untuk mencegah customer membeli dengan jumlah yang sangat banyak. Sebagai contoh, customer hanya dapat menambahkan maksimal 5 produk ke keranjang mereka agar bisa checkout.

Maksimal jumlah order tiap produk

Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk membatasi customer agar tidak membeli produkmu dalam jumlah yang banyak. Sebagai contoh, customer hanya bisa membeli maksimal 1 kuantiti dari produk A di tokomu, sehingga customer-customer lain masih mempunyai kesempatan untuk membeli produk A.

Maksimal jumlah order COD per pelanggan

Kamu bisa membatasi jumlah order COD untuk setiap customer. Sebagai contoh, setiap customer hanya memiliki 3 kali kesempatan untuk membuat order COD, terlepas order tersebut selesai atau gagal pada akhirnya. Ketika customer sudah mencapai batas pemakaian COD, customer akan dialihkan ke metode pembayaran lainnya selain COD. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk menghindari penipuan dari pihak customer atau biaya yang harus kamu tanggung ketika order COD gagal.

Status order selesai

Kamu bisa mengatur kapan sebuah order berubah menjadi Selesai secara otomatis beberapa hari sejak order tersebut dikirim, kecuali order COD karena customer harus membayar order tersebut terlebih dahulu agar order tersebut bisa dinyatakan lunas dan selesai.

Mengaktifkan dropshipper

Kamu bisa memutuskan apakah tokomu dapat menerima dropshipper secara bebas atau tidak dengan mengatur fitur Aktifkan dropshipper. Dengan mengaktifkan fitur dropshipper, produk-produkmu yang sudah pernah diorder 10 kali dan lebih akan muncul di halaman Produk > Dropship. Selain itu, customer juga dapat melakukan pembelian dropship melalui toko onlinemu.

Catatan produk kustom

Fitur ini bisa kamu gunakan apabila produkmu membutuhkan penjelasan tambahan dari customer. Misalnya jika kamu adalah penjual case HP kustom, pastinya kamu ingin customer mengirim file desain case HP mereka ketika memesan. Kamu juga bisa mengatur apakah balasan yang kamu inginkan berupa teks, gambar, atau file.

Updated on 18 Maret 2021

Related Articles