1. Home
  2. Order
  3. Mengirim Order ke Luar Negeri
  1. Home
  2. Pengiriman
  3. Mengirim Order ke Luar Negeri

Mengirim Order ke Luar Negeri

Berikut adalah cara untuk mengatur penjualan dan pengiriman internasional agar kamu dapat melayani customer yang berada di luar negeri.

Mengatur penjualan internasional

Untuk mengatur penjualan internasional, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Pengaturan > Preferensi > Penjualan Internasional.
  2. Untuk menambahkan negara yang ingin kamu aktifkan sebagai destinasi penjualan internasional, klik Tambah Negara.
  3. Pilih negara yang diinginkan (saat ini tersedia Malaysia dan Singapura).
  4. Atur nilai tukar mata uang negara yang kamu pilih.
    Jika kamu memilih Gunakan kurs otomatis, harga-harga produkmu akan mengikuti kurs otomatis yang disediakan oleh Google setiap harinya. Misalnya, pada 7 Oktober 2020, 1 dolar Singapura setara dengan  Rp10.840, maka produk seharga Rp100.000 akan ditampilkan menjadi 9,22 dolar Singapura di toko online kamu.

    Jika kamu memilih Gunakan kurs manual, kamu dapat menentukan nilai tukar sendiri. Misalnya, kamu menentukan 1 ringgit Malaysia setara dengan Rp3.500, maka produk seharga Rp70.000 akan ditampilkan menjadi 20 ringgit Malaysia di toko online kamu.

    Catatan: Walaupun customer melihat harga produk dalam kurs asing, mereka akan tetap membayar dan ditagihkan (jika menggunakan kartu kredit) dalam mata uang rupiah.

Mengatur pengiriman internasional

Untuk mengatur penjualan internasional, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Dari TokoTalk Admin, buka halaman Pengaturan > Preferensi > Penjualan Internasional.
  2. Pada bagian Pengiriman Internasional, klik Atur Pengiriman.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman Metode Pengiriman, scroll ke bawah hingga kamu menemukan DHL dan Janio.
  4. Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan pengiriman internasional tersebut.

Mengirim barang ke luar negeri

Pengiriman internasional menggunakan DHL

TokoTalk belum terintegrasi dengan DHL, sehingga seluruh pengiriman menggunakan DHL harus dilakukan oleh seller secara mandiri.

Silakan mendaftarkan akun dan menghubungi DHL secara langsung melalui website DHL

Pengiriman internasional menggunakan Janio

TokoTalk belum terintegrasi dengan Janio, sehingga seluruh pengiriman menggunakan Janio harus dilakukan oleh seller secara mandiri.

Silakan mendaftarkan akun dan menghubungi Janio secara langsung melalui website Janio

Mengatur bahasa toko online

Kamu dapat mengatur bahasa standar untuk toko online kamu, tetapi bahasa akan otomatis teganti menjadi bahasa Inggris ketika terdapat customer yang berlamat di luar negeri mengakses toko online kamu.

Untuk mengatur bahasa, buka halaman Pengaturan > Preferensi > Penjualan Internasional atau dapat diakses pula dari Pengaturan > Preferensi > Pengaturan Admin.

Updated on 18 Maret 2021

Related Articles