Customer adalah aspek terpenting dalam segala macam bisnis, tidak terkecuali bisnis online. Menjalin komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan customer retention .
Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan di halaman Customer:
- Memfilter customer
- Melihat dan mengubah status order
- Mengirim notifikasi
- Menandai customer sebagai reseller
- Memblokir customer
Memfilter Customer
Kamu bisa memfilter customer kamu berdasarkan:
- Customer Non-aktif
1 Bulan, 3 Bulan, 6 bulan, dan 1 tahun - Order Lunas Terakhir
1 Bulan, 3 Bulan, 6 bulan, dan 1 tahun - Lokasi
Kota atau Kecamatan - Status Customer
Diblokir, Mendaftar, dan Tidak Mendaftar
Cara Filter Customer Berdasarkan Status
Ikuti langkah-langkah berikut untuk memfilter customer berdasarkan status:
- Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Semua Customer
- Klik Filter Lain
- Pilih filter yang kamu inginkan, misalnya Lokasi
- Ketik dan pilih kota atau kecamatan yang kamu inginkan
- Kamu akan bisa melihat daftar customer berdasarkan lokasi yang kamu pilih
Melihat dan Mengubah Status Order
Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat dan mengubah status order:
- Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Semua Customer
- Klik customer yang ingin kamu lihat atau ubah status ordernya
- Pada halaman detail customer, klik tombol status order
- Klik Lanjutkan
Mengirim Notifikasi
Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirim notifikasi ke customer:
- Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Semua Customer
- Klik customer yang ingin kamu kirimkan SMS
- Klik Tindakan > Kirim Notifikasi
- Pilih jenis notifikasi yang ingin kamu kirimkan (SMS atau chat), SMS membutuhkan 3 Poin sedangkan chat membutuhkan 1 Poin
- Ketik pesan yang ingin kamu kirimkan
- Klik Tambah Link untuk memasukkan link yang ingin kamu sertakan, kamu bisa memasukkan link toko, produk, kategori, atau kabar terbaru
- Misalnya, klik dan pilih Produk jika kamu ingin memasukkan link produk,
- Klik Konfirmasi lalu klik Kirim Notifikasi
Menandai Customer Sebagai Reseller
Ikuti langkah-langkah berikut untuk menandai customer sebagai reseller:
- Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Semua Customer
- Klik customer yang ingin kamu tandai sebagai reseller
- Klik Tindakan > Tandai Sebagai Reseller
- Customer yang sudah ditandai akan muncul teks ‘Reseller’ di bawah namanya
Memblokir Customer
Ikuti langkah-langkah berikut untuk memblokir customer:
- Dari TokoTalk Admin, buka halaman Customer > Semua Customer
- Klik customer yang ingin kamu blokir
- Klik Tindakan > Blokir
- Klik Blokir, customer tersebut tidak akan bisa mengakses tokomu lagi
- Customer yang sudah ditandai akan memiliki tanda 🚫 dan teksnya berwarna abu samar