1. Home
  2. Toko Online
  3. Mengatur Notifikasi untuk Customer
  1. Home
  2. Customer
  3. Mengatur Notifikasi untuk Customer

Mengatur Notifikasi untuk Customer

Kamu dapat mengatur notifikasi apa saja yang bisa dikirimkan ke customer kamu. Fungsinya tentu bisa mengingatkan customer untuk menyelesaikan transaksi di toko online kamu hingga mengubah status pesanan. Ini bisa membuat bisnis kamu lebih terpercaya.

Berikut cara mengatur notifikasi di TokoTalk:Notifikasi_Customer_TokoTalk

Atur Notifikasi Perubahan Status Order

Kamu bisa memberi notifikasi perubahan status order ke customer melalui email, SMS, atau push notifikasi di aplikasi apabila tokomu memiliki aplikasi di Google Play. Email & push notifikasi akan selalu dikirim secara gratis ke customer walau pengaturan tidak kamu aktifkan.

SMS instruksi pembayaran bersifat GRATIS, sedangkan instruksi tambahan akan mengurangi 3 Poin per SMS. Kamu juga akan diberitahu ketika Poinmu akan habis. Jika customer kamu memiliki aplikasimu, push notifikasi akan terkirim sebagai ganti SMS.

Kamu akan dikenakan biaya 3 Poin per SMS notifikasi yang dikirim ke customer kecuali untuk SMS petunjuk pembayaran. Kamu tidak dikenakan biaya apapun untuk notifikasi email dan aplikasi ke customer.

Berikut adalah notifikasi perubahan status order yang bisa dikirim ke customer:

  1. Petunjuk Pembayaran (gratis dari TokoTalk dan tidak bisa dinonaktifkan)
    Dikirim otomatis ke customer setelah mereka membuat order.
  2. Pembayaran Dikonfirmasi (Order Lunas)
    Dikirim otomatis ke customer ketika kamu mengonfirmasi order mereka menjadi ‘Lunas’.
  3. Bukti Bayar Ditolak
    Dikirim otomatis ke customer ketika kamu menolak bukti bayar mereka. Notifikasi ini berisi petunjuk untuk mengirimkan bukti bayar yang benar.
  4. Order Terkirim
    Dikirim secara otomatis ke customer ketika order mereka sudah dikirim. SMS notifikasi ini menyertakan nomor resi.
  5. Order Dimodifikasi
    Dikirim otomatis ke customer ketika kamu melakukan perubahan detail saat order masih pada status ‘Order Baru’ atau ‘Waiting List’.
  6. Order Dibatalkan
    Dikirim otomatis ke customer ketika order mereka dibatalkan karena waktu pembayaran terlewat, atau kamu membatalkannya secara manual.

Notifikasi_Customer_TokoTalk

Berikut adalah salah satu contoh SMS petunjuk pembayaran.

Atur Notifikasi Pengingat Pembayaran

Kamu bisa menentukan seberapa sering kamu ingin mengingatkan customer untuk membayar sebelum order mereka dibatalkan secara otomatis.

Kamu akan dikenakan biaya 3 Poin per SMS pengingat pembayaran yang dikirim ke customer, kecuali SMS pengingat pembayaran 6 jam sebelum batas waktu pembayaran habis.

Notifikasi_Customer_TokoTalk

Berikut adalah salah satu contoh SMS pengingat pembayaran.

Atur Pengingat Check Out Belum Selesai

Tingkatkan jumlah ordermu dengan mengingatkan customer kamu yang masih memiliki barang di keranjang dan belum melakukan check out melalui notifikasi email, aplikasi tokomu, atau website.

Notifikasi_Customer_TokoTalk

Berikut adalah salah satu contoh email pengingat check out

 

Updated on 27 Juli 2022

Related Articles