1. Home
  2. Iklan Facebook
  3. Panduan Membuat Facebook Ads
  1. Home
  2. Perangkat Marketing
  3. Panduan Membuat Facebook Ads

Panduan Membuat Facebook Ads

Bagi kamu yang ingin beriklan, kini kamu bisa mencoba membuat iklan Facebook dengan mudah di TokoTalk!

Contoh iklan Facebook yang sering kamu jumpai

Syarat

  1. Tokomu harus menjadi akun Premium atau Pro terlebih dahulu.
  2. Tokomu harus memiliki custom domain.
  3. Sudah menginstall Facebook Pixel di website
  4. Verifikasi domain di Facebook business manager
  5. Apabila kamu sudah memiliki produk di Facebook catalog sebelumnya, silakan hapus data feed terlebih dahulu. Cek panduan Cara Menghapus Data Feed di Facebook Catalog.

Menyambungkan Facebook dengan TokoTalk

Pertama-tama, kamu harus menyambungkan akun Facebook-mu dengan TokoTalk. Pastikan kamu sudah log in ke Facebook personal yang memiliki akses admin kepada Facebook Business Manager. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu Digital Marketing, silakan pilih Facebook Ads
  2. Kemudian, klik Mulai Facebook Ads.

3. Kamu akan menemui laman pengaturan izin integrasi. Klik “Lanjutkan”

4. Kamu akan diarahkan untuk login ke Facebook kamu. Silakan login ke akun Facebook personal yang memiliki akses admin kepada semua asetmu.

5. Penjelasan benefit integrasi TokoTalk dan Facebook. Klik “Continue”

6. Kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Business Manager terlebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai Business Manager, di mana kamu hanya perlu memberikan nama untuk Business Manager tersebut saja. Namun jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Business Manager milik akunmu untuk digunakan.

7. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Page baru jika kamu belum memilikinya, di mana kamu hanya perlu memberikan nama untuk Facebook Page tersebut saja. Jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Facebook Page milik akunmu untuk digunakan.

8. Silakan pilih akun Instagram bisnis yang akan kamu gunakan. Apabila belum melihat akun Instagram yang diinginkan, maka kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu di Facebook Business Manager dengan cara: Business setting > Accounts > Instagram Accounts > add

9. Memilih Facebook catalog yang akan digunakan untuk sinkronisasi produk-produk yang ada di website TokoTalk dan Facebook. Apabila belum memiliki Facebook catalog, silakan membuat yang baru.

10. Memilih Facebook ad account yang akan digunakan untuk membuat iklan. Akun iklan yang dipilih sebaiknya adalah akun bisnis, bukan akun personal.

11. Memilih Facebook pixel yang dipasang di website TokoTalk kamu. Apabila belum memiliki Facebook pixel, bisa membuat yang baru dengan cara “Create new”

12. Review dan konfirmasi pengaturan untuk memastikan semua aset yang kamu pilih sesuai.

13. Pengaturan izin untuk menyambungkan dan mengelola bisnis langsung dari TokoTalk admin. Pastikan semua toggle dinyalakan hingga berwarna biru seperti pada gambar di bawah.

Ketika semuanya sudah selesai dihubungkan ke akun TokoTalk kamu, maka kamu bisa melihat halaman Facebook Ads TokoTalk. Sebelum membuat campaign, kamu akan diarahkan untuk menyetujui syarat dan ketentuan beriklan di Facebook dan menambahkan metode pembayaran di Facebook Ad Account terlebih dahulu.

14. Menyetujui syarat dan ketentuan beriklan di Facebook

  • Pada halaman Facebook Ads, klik tombol “Periksa” pada bagian ketentuan layanan.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman ketentuan layanan milik Facebook.
  • Pada bagian kiri atas halaman, kamu dapat menekan tombol “Accept”.
  • Apabila sudah dilakukan, maka tampilannya akan terlihat seperti ini

15. Menambah metode pembayaran

  • Pada halaman Facebook Ads, klik tombol “Tambahkan pembayaran” pada bagian metode pembayaran.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman Facebook Ad Account milikmu.
  • Klik ‘Add Payment Method’ pada bagian Payment Method.
  • Kamu bisa menghubungkan kartu kredit/debit milikmu atau menggunakan Ad Credit bila ada.
  • Jika kamu sudah menambahkan metode pembayaran di Facebook Ad Account, kamu bisa kembali ke halaman Facebook Ads di TokoTalk.
  • Muat ulang halaman Facebook Ads di TokoTalk, dan metode pembayaran yang sudah kamu tambahkan akan ditampilkan.

Membuat campaign

  1. Pada halaman Facebook Ads, klik Buat Campaign
  2. Beri nama untuk campaign kamu. Nama campaign ini hanya terlihat untukmu saja.
  3. Kemudian, isi teks untuk mempromosikan campaign kamu di Facebook.
  4. Jika sudah, kamu bisa mengatur tujuan pemirsa dengan memilih pemirsa wanita, pria, atau keduanya.
  5. Tentukan tanggal mulai dan tanggal berakhir kampanye. Jika kamu ingin campaign berjalan tanpa henti, kamu bisa memilih opsi “Jalankan seterusnya”.
  6. Terakhir, kamu hanya perlu menentukan biaya harian untuk campain kamu. Minimal biaya harian yang ditentukan oleh Facebook adalah Rp25.000 per hari.
  7. Klik Simpan, kemudian periksa ringkasan campaign kamu.
  8. Jika kamu sudah yakin, klik tombol “Promosikan” untuk membuat campaign kamu.
  9. Facebook akan memeriksa kelayakan campaign kamu terlebih dahulu.

Catatan: 

  • Kamu tidak perlu mengatur strategi untuk campaign karena Facebook akan mengoptimasi penargetan audiensmu.
  • Untuk saat ini, kamu juga tidak bisa memilih produk-produk khusus untuk diiklankan. Facebook akan mengiklankan semua produkmu sesuai dengan minat audiens secara otomatis.
  • Campaign yang kamu buat melalui TokoTalk dapat kamu lihat juga di akun Facebook Business Manager milikmu. Campaign yang dibuat melalui TokoTalk akan memiliki awalan “TokoTalk Ads-“ pada nama campaign-nya.

Status campaign kamu akan otomatis berubah menjadi “Dalam Pemeriksaan” terlebih dahulu sampai Facebook selesai memeriksa kelayakan campaign. Kamu akan menerima notifikasi dari Facebook ketika campaign sudah siap dijalankan.

Mengubah campaign

  1. Pada halaman Facebook Ads, klik campaign yang ingin kamu ubah dari daftar campaign.
  2. Kemudian, klik “Ubah campaign” di halaman detail campaign.
  3. Kamu hanya bisa mengubah nama, pesan, dan tanggal berakhirnya campaign.
  4. Kamu juga bisa memberhentikan campaign sementara atau melanjutkannya kembali di halaman detail campaign.
  5. Klik “Simpan” ketika kamu sudah selesai mengubah campaign kamu.

Fitur ini tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat iklan dan mendatangkan customer ke toko kamu. Pastikan foto produk kamu menarik, deskripsi produk yang digunakan jelas untuk meningkatkan performa iklan. Selamat mencoba!

Updated on 2 Juli 2021

Related Articles