1. Home
  2. Iklan Facebook
  3. Panduan Membuat Facebook Ads dengan TokoTalk Poin

Panduan Membuat Facebook Ads dengan TokoTalk Poin

Mau pasang iklan untuk memaksimalkan promosi produk? Kini kamu bisa langsung coba pasang iklan Facebook dengan mudah di TokoTalk. Pahami cara membuat Facebook Ads menggunakan TokoTalk Poin!

Contoh-iklan-facebook-ads
Contoh iklan Facebook yang sering kamu jumpai

Syarat:

  1. Tokomu harus menjadi akun Premium atau Pro terlebih dahulu.
  2. Tokomu harus memiliki custom domain.
  3. Sudah menginstall Facebook Pixel di website.
  4. Verifikasi domain di Facebook business manager.
  5. Apabila kamu sudah memiliki produk di Facebook catalog sebelumnya, silakan hapus data feed terlebih dahulu. Cek panduan Cara Menghapus Data Feed di Facebook Catalog.

Cara Menyambungkan Facebook dengan TokoTalk

Pertama-tama, kamu harus menyambungkan akun Facebook dengan TokoTalk. Pastikan kamu sudah log in ke Facebook personal yang memiliki akses admin ke Facebook Business Manager. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu Digital Marketing, silakan pilih Facebook Ads (Poin).
  2. Kemudian, klik Hubungkan Facebook Business.
  3. Kamu akan menemui laman pengaturan izin integrasi. Klik “Lanjutkan”
  4. Silakan login ke akun Facebook personal yang memiliki akses admin kepada semua asetmu.
  5. Penjelasan benefit integrasi TokoTalk dan Facebook. Klik “Continue”.
  6. Kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Business Manager terlebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai Business Manager, di mana kamu hanya perlu memberikan nama untuk Business Manager tersebut saja. Jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Business Manager milik akunmu untuk digunakan.
  7. Kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Page baru jika belum memilikinya. Pada langkah ini, kamu hanya perlu memberikan nama untuk Facebook Page tersebut. Jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Facebook Page milik akunmu untuk digunakan.
  8. Silakan pilih akun Instagram bisnis yang akan kamu gunakan. Apabila belum melihat akun Instagram yang diinginkan, maka kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu di Facebook Business Manager dengan cara: Business setting > Accounts > Instagram Accounts > Add.
  9. Pilih Facebook catalog yang akan digunakan untuk sinkronisasi produk-produk yang ada di website TokoTalk dan Facebook. Apabila belum memiliki Facebook catalog, silakan membuat yang baru.
  10. Pilih Facebook ad account yang akan digunakan untuk membuat iklan. Akun iklan yang dipilih sebaiknya adalah akun bisnis, bukan akun personal.
  11. Pilih Facebook Pixel yang dipasang di website TokoTalk kamu. Apabila belum memiliki Facebook Pixel, bisa membuat yang baru dengan cara “Create new”.
  12. Review dan konfirmasi pengaturan untuk memastikan semua aset yang kamu pilih sesuai. Kemudian klik “Continue”.
  13. Jika sudah memiliki commerce account (akun dagang) silakan pilih commerce account yang kamu pakai, jika belum punya, langsung klik “Next” saja.
  14. Pengaturan izin untuk menyambungkan dan mengelola bisnis langsung dari TokoTalk Admin. Pastikan semua toggle dinyalakan hingga berwarna biru seperti pada gambar di bawah ini!
pengaturan-menyambungkan-facebook-ads15. Tunggu hingga penghubungan selesai. Lalu klik “Done”.

Ketika semuanya sudah selesai dihubungkan ke akun TokoTalk, maka kamu bisa melihat halaman Facebook Ads TokoTalk. Sebelum membuat campaign, kamu perlu menyetujui syarat dan ketentuan beriklan di Facebook dan menghubungkan Facebook Pixel ke TokoTalk Business

16.Menyetujui syarat dan ketentuan beriklan di Facebook

  • Pada halaman Facebook Ads, klik tombol “Periksa” pada bagian ketentuan layanan.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman ketentuan layanan milik Facebook.
  • Pada bagian kiri atas halaman, kamu dapat menekan tombol “Accept”.
  • Apabila sudah dilakukan, maka tampilannya akan terlihat seperti ini
    facebook-ads-poin-TokoTalk

Kamu juga bisa cek cara menghubungkan Facebook Pixel ke TokoTalk Business agar lebih jelas!

Cara Membuat Campaign di Facebook

  1. Pada halaman Facebook Ads (Poin), klik Tambah Campaign.
  2. Beri nama untuk campaign kamu. Nama campaign ini hanya terlihat untukmu saja.
  3. Kemudian, isi teks untuk mempromosikan campaign kamu di Facebook. Pesan ini tampil sebagai caption ikan Facebook.
  4. Jika sudah, kamu bisa mengatur tujuan pemirsa dengan memilih pemirsa wanita, pria, atau keduanya. 
  5. Kamu juga bisa memilih produk untuk dipromosikan, bisa semua produk, berdasarkan kategori produk atau label produk yang ada di TokoTalk Admin. Sebagai langkah awal, Facebook menyarankan mempromosikan semua produkmu, agar algoritma mesin Facebook yang memilih produk sesuai dengan target audiens.
  6. Pada Lihat Tampilan, iklanmu akan ditampilkan ke semua platform yang ada di Facebook seperti Facebook Feed & Story, Instagram Feed & Story, dan lainnya. Gambar berikut hanya contoh tampilan iklannya.
    contoh-tampilan-iklan-facebook
    Iklanmu berbentuk Carousel, sehingga ketika audiens klik salah satu gambar, audiens diarahkan ke halaman website spesifik produk tersebut, dan bisa langsung klik Order.
  7. Tentukan tanggal mulai dan tanggal berakhir kampanye. Facebook menyarankan jalankan iklan selama minimal 7 hari agar keluar dari fase pembelajaran Facebook untuk hasil yang lebih maksimal.
  8. Terakhir, kamu hanya perlu menentukan biaya harian untuk campaign kamu. Biaya harian yang ditentukan oleh Facebook yaitu minimal 250 Poin atau senilai Rp25.000 per hari. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, Facebook menyarankan untuk menggunakan 1.000 Poin atau Rp100.000 per hari. Jika saldo TokoTalk Poin kamu tidak mencukupi, kamu bisa isi saldo terlebih dulu untuk menjalankan iklan.
  9. Klik Simpan di pojok kanan atas, kemudian periksa ringkasan campaign kamu.
  10. Jika kamu sudah yakin, klik tombol “Promote” untuk membuat campaign kamu.
  11. Facebook akan memeriksa kelayakan campaign kamu terlebih dahulu sebelum iklan siap tayang.

Catatan: 

  • Kamu tidak perlu mengatur strategi untuk campaign karena Facebook akan mengoptimasi penargetan audiensmu.
  • Diperlukan 10% biaya penyesuaian karena jumlah poin yang digunakan dapat berbeda-beda. TokoTalk akan mengenakan beberapa poin tambahan dan mengembalikan Poin yang tidak digunakan saat campaign kamu berakhir. Contoh: Biaya harian iklan 250 Poin atau Rp25.000 per hari dan iklan dijalankan selama 4 hari. 10% biaya penyesuaian dari 1.000 Poin adalah 100 Poin, sehingga total harga adalah 1.100 Poin. 100 Poin tersebut dapat dipakai ataupun tidak tergantung algoritme Facebook karena ada batas atas atau bawah dari biaya harian campaign.

Status campaign kamu akan otomatis berubah menjadi “Dalam Pemeriksaan” terlebih dahulu sampai Facebook selesai memeriksa kelayakan campaign. Kamu akan menerima notifikasi dari Facebook ketika campaign sudah siap dijalankan.

Cara Mengubah Campaign Facebook

  1. Pada halaman Facebook Ads, klik campaign yang ingin kamu ubah dari daftar campaign.
  2. Kemudian, klik “Ubah campaign” di halaman detail campaign.
  3. Kamu hanya bisa mengubah nama, pesan, jenis kelamin audiens, dan tanggal berakhirnya campaign.
  4. Kamu juga bisa memberhentikan campaign sementara atau melanjutkannya kembali di halaman detail campaign.
  5. Klik “Simpan” ketika kamu sudah selesai mengubah campaign kamu.

Fitur ini tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat iklan dan mendatangkan customer ke toko kamu. Pastikan kamu sudah menggunakan deskripsi produk yang jelas dan foto yang menarik  untuk meningkatkan performa iklan. Selamat mencoba!

Updated on 14 Oktober 2021

Related Articles