1. Home
  2. Iklan Facebook
  3. Panduan Membuat Facebook Ads dengan TokoTalk Poin

Panduan Membuat Facebook Ads dengan TokoTalk Poin

Mau pasang iklan untuk memaksimalkan promosi produk? Kini kamu bisa langsung coba pasang iklan Facebook dengan mudah di TokoTalk. Pahami cara membuat Facebook Ads menggunakan TokoTalk Poin!

Contoh-iklan-facebook-ads
Contoh iklan Facebook yang sering kamu jumpai

Syarat:

  1. Tokomu harus menjadi akun Premium atau Pro terlebih dahulu.
  2. Tokomu harus memiliki custom domain.
  3. Sudah meng-install Facebook Pixel di website.
  4. Verifikasi domain di Facebook Business Manager.
  5. Apabila kamu sudah memiliki produk di Facebook catalog sebelumnya, silakan hapus data feed terlebih dahulu. Cek panduan Cara Menghapus Data Feed di Facebook Catalog.

Cara Menyambungkan Facebook dengan TokoTalk

Pertama-tama, kamu harus menyambungkan akun Facebook dengan TokoTalk. Pastikan kamu sudah log in ke Facebook personal yang memiliki akses admin ke Facebook Business Manager. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu Digital Marketing, silakan pilih Facebook Ads (Poin).
  2. Kemudian, klik Hubungkan Facebook Business.

    Cara beriklan Facebook di TokoTalk

  3. Kamu akan menemui laman pengaturan izin integrasi. Klik “Lanjutkan”

    Cara beriklan Facebook di TokoTalk

  4. Kamu akan diarahkan untuk login ke Facebook kamu. Silakan login ke akun Facebook personal yang memiliki akses admin kepada semua asetmu.
    Cara integrasi Facebook dengan TokoTalk
  5. Penjelasan benefit integrasi TokoTalk dan Facebook. Klik “Continue”.
    Cara Integrasi Facebook dengan TokoTalk
  6. Kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Business Manager terlebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai Business Manager, di mana kamu hanya perlu memberikan nama untuk Business Manager tersebut saja. Jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Business Manager milik akunmu untuk digunakan.
    Cara Integrasi Facebook dengan TokoTalk
  7. Kamu akan diarahkan untuk membuat Facebook Page baru jika belum memilikinya. Pada langkah ini, kamu hanya perlu memberikan nama untuk Facebook Page tersebut. Jika sudah ada, maka Facebook akan menampilkan daftar Facebook Page milik akunmu untuk digunakan.
    Integrasi Facebook API TokoTalk
  8. Silakan pilih akun Instagram bisnis yang akan kamu gunakan. Apabila belum melihat akun Instagram yang diinginkan, maka kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu di Facebook Business Manager dengan cara: Business setting > Accounts > Instagram Accounts > Add.
    Integrasi Facebook API TokoTalk
  9. Pilih Facebook catalog yang akan digunakan untuk sinkronisasi produk-produk yang ada di website TokoTalk dan Facebook. Apabila belum memiliki Facebook catalog, silakan membuat yang baru.
    Cara Integrasi Facebook API TokoTalk
  10. Pilih Facebook ad account yang akan digunakan untuk membuat iklan. Akun iklan yang dipilih sebaiknya adalah akun bisnis, bukan akun personal.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  11. Pilih Facebook Pixel yang dipasang di website TokoTalk kamu. Apabila belum memiliki Facebook Pixel, bisa membuat yang baru dengan cara “Create new”.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  12. Review dan konfirmasi pengaturan untuk memastikan semua aset yang kamu pilih sesuai. Kemudian klik “Continue”.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  13. Jika sudah memiliki commerce account (akun dagang) silakan pilih commerce account yang kamu pakai, jika belum punya, langsung klik “Next” saja.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  14. Pengaturan izin untuk menyambungkan dan mengelola bisnis langsung dari TokoTalk Admin. Pastikan semua toggle dinyalakan hingga berwarna biru seperti pada gambar di bawah ini!
pengaturan-menyambungkan-facebook-ads15. Tunggu hingga penghubungan selesai. Lalu klik “Done”.
How to connect Facebook to website TokoTalk

Ketika semuanya sudah selesai dihubungkan ke akun TokoTalk, maka kamu bisa melihat halaman Facebook Ads (Poin) TokoTalk. Sebelum membuat campaign, kamu perlu menyelesaikan 4 langkah dalam informasi kotak berwarna biru, yaitu menunggu sekitar 1 jam untuk menyelesaikan penghubungan produk, terima persyaratan layanan dari Facebook dengan klik tombol Terima di sebelah kanan, menghubungkan Facebook Pixel ke TokoTalk Business, dan verifikasi domain dengan menambahkan meta-tag. Setelah tahapan ini diselesaikan, akan muncul checklist berwarna hijau dan kotak peringatan akan hilang.

facebook ads

Jangan lupa untuk mengatur konfigurasi peristiwa web sebelum membuat campaign Facebook, ya! Kamu bisa melihat caranya di sini atau klik Konfigurasikan Peristiwa Web. Jika sudah, klik “Saya sudah konfigurasi peristiwa web”.

Yey, kamu siap untuk menambah campaign Facebook ads, deh!


Gagal Menyambungkan Facebook

Apabila kamu menemui warning ini pada saat menyambungkan akun Facebook ke TokoTalk

Facebook Integration Error TokoTalk

 

Maka kamu harus mengecek kemungkinan masalah berikut:

  1. Apakah ada aset di Facebook Business Manager yang menggunakan font khusus atau karakter khusus seperti emoji dan lainnya. Kamu harus menggantinya dengan huruf biasa yang tersedia di Facebook.
  2. Apakah akun Facebook Business Manager baru dibuat dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu. Apabila iya, maka Facebook masih membatasi kegiatan akun. Sebaiknya membuat posting secara reguler terlebih dahulu selama satu bulan lewat Facebook page yang ada di Facebook Business Manager
  3. Apakah pada saat integrasi semua izin dinyalakan (toggle on). Apabila tidak yakin, silakan lakukan integrasi ulang dan nyalakan semua toggle.
  4. Apakah akun Facebook kamu diblokir atau dibatasi oleh Facebook. Hal ini dapat dicek melalui kualitas akun lewat link ini

Apabila sudah dilakukan pengecekan dan masih mengalami kendala, silakan hubungi TokoTalk Support lewat tombol bantuan di TokoAdmin Kamu. Kami siap membantu!

Cara Membuat Campaign di Facebook

  1. Pada halaman Facebook Ads (Poin), klik Tambah Campaign.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  2. Beri nama untuk campaign kamu. Nama campaign ini hanya terlihat untukmu saja.
  3. Kemudian, isi teks untuk mempromosikan campaign kamu di Facebook. Pesan ini tampil sebagai caption iklan Facebook.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  4. Jika sudah, kamu bisa mengatur tujuan pemirsa dengan memilih pemirsa wanita, pria, atau keduanya. 
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  5. Kamu juga bisa memilih produk untuk dipromosikan, bisa semua produk, berdasarkan kategori produk atau label produk yang ada di TokoTalk Admin. Sebagai langkah awal, Facebook menyarankan mempromosikan semua produkmu, agar algoritme mesin Facebook yang memilih produk sesuai dengan target audiens.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  6. Pada Lihat Tampilan, iklanmu akan ditampilkan ke semua platform yang ada di Facebook seperti Facebook Feed & Story, Instagram Feed & Story, dan lainnya. Gambar berikut hanya contoh tampilan iklannya.
    contoh-tampilan-iklan-facebook
    Iklanmu berbentuk Carousel, sehingga ketika audiens klik salah satu gambar, audiens diarahkan ke halaman website spesifik produk tersebut, dan bisa langsung klik Order.
  7. Tentukan tanggal mulai dan tanggal berakhir kampanye. Facebook menyarankan jalankan iklan selama minimal 7 hari agar keluar dari fase pembelajaran Facebook untuk hasil yang lebih maksimal.
    How to connect Facebook to website TokoTalk
  8. Terakhir, kamu hanya perlu menentukan biaya harian untuk campaign kamu. Biaya harian yang ditentukan oleh Facebook yaitu minimal 250 Poin atau senilai Rp25.000 per hari. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, Facebook menyarankan untuk menggunakan 1.000 Poin atau Rp100.000 per hari. Jika saldo TokoTalk Poin kamu tidak mencukupi, kamu bisa isi saldo terlebih dulu untuk menjalankan iklan.
    Cara beriklan mudah Facebook untuk pemula di TokoTalk
  9. Klik Simpan di pojok kanan atas, kemudian periksa ringkasan campaign kamu.
  10. Jika kamu sudah yakin, klik tombol “Promote” untuk membuat campaign kamu.
    Cara beriklan mudah Facebook untuk pemula di TokoTalk
  11. Facebook akan memeriksa kelayakan campaign kamu terlebih dahulu sebelum iklan siap tayang.

Catatan: 

  • Kamu tidak perlu mengatur strategi untuk campaign karena Facebook akan mengoptimasi penargetan audiensmu.
  • Diperlukan 10% biaya penyesuaian karena jumlah poin yang digunakan dapat berbeda-beda. TokoTalk akan mengenakan beberapa poin tambahan dan mengembalikan poin yang tidak digunakan 5 hari setelah tanggal campaign yang kamu atur berakhir. Contoh: Biaya harian iklan 250 Poin atau Rp25.000 per hari dan iklan dijalankan selama 4 hari. 10% biaya penyesuaian dari 1.000 Poin adalah 100 Poin, sehingga total harga adalah 1.100 Poin. 100 Poin tersebut dapat dipakai ataupun tidak tergantung algoritme Facebook karena ada batas atas atau bawah dari biaya harian campaign.

Status campaign kamu akan otomatis berubah menjadi “Dalam Pemeriksaan” terlebih dahulu sampai Facebook selesai memeriksa kelayakan campaign. Cek status campaign kamu secara berkala di menu Facebook Ads (Poin).

Cara Mengubah Campaign Facebook

  1. Pada halaman Facebook Ads, klik campaign yang ingin kamu ubah dari daftar campaign.

    Cara beriklan mudah Facebook untuk pemula di TokoTalk

  2. Kemudian, klik “Ubah campaign” di halaman detail campaign.
  3. Kamu hanya bisa mengubah nama, pesan, dan jenis kelamin audiens.
  4. Kamu juga bisa memberhentikan campaign sementara atau melanjutkannya kembali di halaman detail campaign.
  5. Klik “Simpan” ketika kamu sudah selesai mengubah campaign kamu.

Fitur ini tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat iklan dan mendatangkan customer ke toko kamu. Pastikan kamu sudah menggunakan deskripsi produk yang jelas dan foto yang menarik untuk meningkatkan performa iklan. Selamat mencoba!

Updated on 17 Mei 2022

Related Articles