1. Home
  2. Integrasi
  3. Melakukan Integrasi dengan Partner

Melakukan Integrasi dengan Partner

TokoTalk membangun kolaborasi dengan partner terkemuka dan mitra strategis untuk memberikan solusi inovatif kepada para seller. Simak langkah-langkah untuk mengintegrasikan platform partner dengan website toko kamu.

8COMMERCE

Menghubungkan Akun

Kamu bisa mengelola order tokomu di TokoTalk menggunakan platform fulfillment seperti 8commerce. Saat ini integrasi dengan 8commerce tersedia bagi toko yang berlangganan paket Pro.

Cara menghubungkan TokoTalk dengan akun 8commerce milikmu:

Perhatian!

  • Integrasi ini hanya bisa dilakukan oleh akun yang memiliki status Pemilik.
  • Pastikan kamu sudah memiliki akun 8commerce sebelum melakukan integrasi.

1. Masuk ke StoreFront, lalu buka halaman Produk > Klik ikon titik tiga/meatballs menu > Pilih Hubungkan Jasa Eksternal

jasa-eksternal-tokotalk

2. Klik +Tambah integrasi.

 jasa-eksternal2-tokotalk

3. Pilih 8COMMERCE/fulfillment, kemudian klik Simpan.

4. Klik kolom 8commerce yang baru saja dibuat.

5. Lihat pada bagian API key, kemudian share API key tersebut dan vendor ID ke tim 8commerce atau person in charge (PIC) 8commerce untuk toko kamu.

Menyingkronkan Stok dan Pesanan

Setelah akun TokoTalk milikmu terhubung dengan 8commerce, kamu dapat menyingkronkan stok dari 8commerce. Stok produkmu akan disesuaikan dengan yang terdapat di 8commerce secara otomatis pada pukul empat pagi setiap hari.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan menyangkut stok dan pesanan, yaitu:

Stok dan Produk

  • Stok hanya mengikuti informasi yang terdapat di 8commerce. Jika kamu mengubah stok melalui TokoTalk, stok akan otomatis berubah kembali mengikuti informasi di 8commerce.
  • 8commerce bisa mendapatkan informasi produk dari TokoTalk secara otomatis.
  • Untuk menyingkronkan, silakan buka 8commerce > Pilih menu Marketplace > SKU Synchronize > Klik tombol Sync.

Pesanan

  • 8commerce bisa memuat pesanan dari TokoTalk, tetapi TokoTalk tidak bisa memuat pesanan dari 8commerce.
  • Order POS, pesanan yang memiliki produk digital, dan pesanan dengan metode pengiriman Customer Mengambil Paket tidak dapat dimuat di 8commerce.
  • Pesanan dengan pengiriman internasional belum dapat disinkronisasikan ke 8commerce.
  • Hanya pesanan yang memiliki nomor resi yang bisa disinkronisasikan ke 8commerce.
  • Ketika diperlukan, dianjurkan untuk melakukan perubahan pesanan di 8commerce, bukan di TokoTalk. 

PRAKTIS

Cara Integrasi dengan Praktis

Sebelum memulai integrasi dengan Praktis, pastikan kamu sudah berlangganan paket Pro terlebih dahulu.

1. Masuk ke StoreFront, lalu buka halaman Produk > Klik ikon titik tiga/meatballs menu > Pilih Hubungkan Jasa Eksternal.

jasa-eksternal-tokotalk

2. Lalu, klik tombol +Tambah Integrasi untuk memulai.

 jasa-eksternal2-tokotalk

3. Pilih Parktis, lalu klik Simpan.

4. Kemudian, API Key dan Vendor ID milikmu akan segera terbuat. Ketika kamu sudah mendapatkannya, kamu hanya perlu memberikan informasi tersebut ke pihak Parktis.

5. Ketika pihak Parktissudah selesai memproses integrasimu, Parktis akan langsung muncul sebagai lokasi di menu Pengaturan  > Lokasi.

6. Proses integrasi dengan Parktis sudah selesai dan siap digunakan.

Integrasi Produk

Langkah untuk mengintegrasikan produkmu dengan Parktis:

  1. Produk kamu di TokoTalk dan Parktis harus menggunakan kode SKU yang sama agar produk tersebut bisa saling terintegrasi.
  2. Lalu, pastikan produk yang kamu tambahkan di TokoTalk sudah menggunakan “Gunakan Stok” dan produkmu di Parktis sudah ditambahkan stoknya 
  3. Jika stok pada Parktis tidak dapat ter-integrasi ke tokotalk, terlebih dahulu kamu harus menambahkan stok produk mu untuk lokasi Parktis melalui TokoTalk 

Integrasi Pesanan

  1. Hanya pesanan yang sudah dibayar (“Paid”) dan memiliki nomor resi pengiriman saja yang bisa terhubung.
  2. Ketika kamu sudah memasukkan nomor resi pengiriman ke pesanan di TokoTalk, dibutuhkan waktu paling lama hingga 30 menit untuk pesanan tersebut dapat terhubung ke Praktis.

Crewdible

Memulai Integrasi dengan Crewdible

Toko kamu harus berlangganan paket PRO terlebih dahulu untuk bisa diintegrasikan dengan Crewdible. Berikut panduan integrasinya:  

1. Masuk ke StoreFront, lalu buka halaman Produk > Klik ikon titik tiga/meatballs menu > Pilih Hubungkan Jasa Eksternal

jasa-eksternal-tokotalk

2. Di halaman Integrasi Partner klik tombol +Tambah Integrasi.

 jasa-eksternal2-tokotalk

3. Pilih Crewdible/fulfillment dan klik tombol Simpan.

4. Untuk melihat API key dan Vendor ID klik kolom Crewdible. 

5. Copy API key dan Vendor ID. 

6. Masuk ke website Crewdible, pada website Crewdible pilih menu Setting > Marketplace > pilih TokoTalk.

7. Masukkan Nama Toko, Vendor ID, dan API key. Klik tombol Tambahkan Akun jika sudah selesai memasukkan informasi dengan benar.

8. Jika berhasil nama toko kamu akan ada secara otomatis di halaman marketplace Crewdible.

Integrasi Produk

Untuk mengintegrasikan produkmu dengan Crewdible, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan. Sebelum memulai integrasi produk pastikan produk kamu sudah memiliki Kode Produk (Untuk produk memiliki varian harus memiliki Kode Varian).

  1. Di website Crewdible pilih menu Setting > Marketplace
  2. Pilih Gudang yang akan digunakan.
  3. Klik pada nama toko kamu yang sudah berhasil terintegrasi.
  4. Kamu akan masuk ke halaman Mapping SKU. Klik tombol Generate SKU untuk memulai Integrasi Produk.
  5. Setelah proses selesai produk kamu di TokoTalk juga akan ada di Crewdible.

Integrasi Pesanan

  1. Pastikan tombol “Auto Sync Transaction” Shop pada menu marketplace aktif.
  2. Pesanan harus memiliki resi agar terintegrasi dengan Crewdible.
  3. Pesanan akan terintegrasi secara real time dengan Crewdible.
  4. Stok produk di TokoTalk akan diperbaharui sesuai dengan stok yang ada di Crewdible setelah pesanan terintegrasi.

Integrasi Stok

Sebelum membuat pesanan, pastikan tombol “Auto Sync Stock” Shop pada menu marketplace aktif. Ada beberapa cara untuk mengintegrasikan Stok yang ada di Crewdible ke TokoTalk melalui website Crewdible yaitu : 

  1. Melalui menu Inventory > Inbound, Seller dapat menambahkan Stok dengan menggunakan fitur “+Tambah Stok” yang kemudian akan disetujui oleh pihak gudang. Stok yang diperbaharui melalui fitur ini akan terupdate juga di TokoTalk.
  2. Melalui menu Inventory > Inbound, Seller dapat menambahkan Stok dengan menggunakan fitur “Kirim Stok Batch” yang kemudian akan disetujui oleh pihak gudang. Stok yang diperbaharui melalui fitur ini akan terupdate juga di TokoTalk.
  3. Melalui menu Inventory > Stocks > klik Manual Update. Stock yang diperbaharui melalui fitur Manual Update akan terupdate juga di TokoTalk.
  4. Melalui pembuatan Order. Ketika pesanan terintegrasi ke Crewdible, stok produk di TokoTalk akan diperbaharui sesuai dengan stok produk di Crewdible.

Catatan:

Saat ini Fullfilment Crewdible hanya bisa mengintegrasi produk dibawah 100.

Jika ada masalah terkait Integrasi, silakan hubungi pihak Crewdible.

 

Updated on 8 Agustus 2022

Related Articles