1. Home
  2. Integrasi
  3. Melakukan Integrasi dengan Partner

Melakukan Integrasi dengan Partner

TokoTalk membangun kolaborasi dengan partner terkemuka dan mitra strategis untuk memberikan solusi inovatif kepada para seller. Simak langkah-langkah untuk mengintegrasikan platform partner dengan website toko online kamu.

8commerce

Menghubungkan Akun

Kamu bisa mengelola order tokomu di TokoTalk menggunakan platform fulfillment seperti 8commerce. Saat ini integrasi dengan 8commerce tersedia bagi toko yang berlangganan paket Pro.

Cara menghubungkan TokoTalk dengan akun 8commerce milikmu:

Perhatian!
• Integrasi ini hanya bisa dilakukan oleh akun yang memiliki status Pemilik.
• Pastikan kamu sudah memiliki akun 8commerce sebelum melakukan integrasi.

  1. Masuk ke TokoTalk Admin, lalu buka halaman Pengaturan > Partner Integrasi.
  2. Klik +Tambah integrasi.
  3. Pilih 8COMMERCE/fulfillment, kemudian klik Simpan.
  4. Klik kolom 8commerce yang baru saja dibuat.
  5. Lihat pada bagian API key, kemudian share API key tersebut dan vendor ID ke tim 8commerce atau person in charge (PIC) 8commerce untuk tokomu.

Menyingkronkan Stok dan Order

Setelah akun TokoTalk milikmu terhubung dengan 8commerce, kamu dapat menyingkronkan stok dari 8commerce. Stok produkmu akan disesuaikan dengan yang terdapat di 8commerce secara otomatis pada pukul empat pagi setiap hari.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan menyangkut stok dan order, yaitu:

Stok dan Produk

  • Stok hanya mengikuti informasi yang terdapat di 8commerce. Jika kamu mengubah stok melalui TokoTalk, stok akan otomatis berubah kembali mengikuti informasi di 8commerce.
  • 8commerce bisa mendapatkan produk dari TokoTalk secara otomatis.
  • Untuk menyingkronkan, silakan buka 8commerce > Pilih menu Marketplace > SKU Synchronize > Klik tombol Sync.

Order

  • 8commerce bisa memuat order dari TokoTalk, tetapi TokoTalk tidak bisa memuat order dari 8commerce.
  • Order POS, order yang memiliki produk digital, dan order dengan metode pengiriman Customer Menjemput Paket tidak dapat dimuat di 8commerce.
  • Order dengan pengiriman internasional belum dapat disinkronisasikan ke 8commerce.
  • Hanya order yang memiliki nomor resi yang bisa disinkronisasikan ke 8commerce.
  • Ketika diperlukan, dianjurkan untuk melakukan perubahan order di 8commerce, bukan di TokoTalk.

HaiStar

Cara Integrasi dengan Haistar

Sebelum memulai integrasi dengan Haistar, pastikan kamu sudah berlangganan paket Pro terlebih dahulu.

  1. Jika sudah, kamu bisa membuka menu Pengaturan > Preferensi > Integrasi Partner.
  2. Lalu, klik tombol + Tambah Integrasi untuk memulai.
  3. Pilih HaiStar, lalu klik Simpan.
  4. Kemudian, API Key dan Vendor ID milikmu akan segera terbuat. Ketika kamu sudah mendapatkannya, kamu hanya perlu memberikan informasi tersebut ke pihak HaiStar.
  5. Ketika pihak HaiStar sudah selesai memproses integrasimu, HaiStar langsung muncul sebagai lokasi di menu Pengaturan > Preferensi > Lokasi.
  6. Proses integrasi dengan HaiStar sudah selesai dan siap digunakan.

Membuat Produk

Jika ingin mengintegrasikan produkmu dengan HaiStar, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan.

  • Tambahkan produk baru di TokoTalk dan HaiStar menggunakan kode SKU yang sama agar produk tersebut bisa saling terintegrasi.
  • Lalu, pastikan produk yang kamu tambahkan di TokoTalk sudah menggunakan “Gunakan Stok” dan produkmu di HaiStar sudah ditambahkan stoknya di lokasi-lokasi HaiStar.
  • Pastikan produk yang berhasil kamu tambahkan berhasil terkirim ke menu Purchase di EOS Haistar.
  • Setelah berhasil menambahkan produk di TokoTalk dan Haistar, kamu dapat mengirim produk kamu ke Gudang Haistar. 
  • Pihak Haistar akan melakukan pengecekan pada setiap produk kamu satu per satu dan mengkategorikan setiap produk kamu menjadi 3 kategori:
  1. Damaged: Kondisi produk rusak atau tidak bagus, pihak Haistar akan menginformasikan produk tersebut kepada penjual untuk menanyakan apa yang harus dilakukan pada produk tersebut.
  2. Received: Produk telah diterima oleh pihak Haistar tetapi belum dilakukan pengecekan kondisi.
  3. Putaway: Kondisi produk layak atau bagus, produk pada kategori ini akan ditambahkan stok produknya oleh pihak Haistar yang akan terhubung dengan stok di TokoTalk.
  • Stok produk yang berhasil di tambahkan dapat dilihat di halaman “Stocks” di EOS Haistar.

Integrasi Order

  1. Hanya order yang sudah memiliki nomor resi pengiriman saja yang bisa terhubung.
  2. Ketika kamu sudah memasukkan nomor resi pengiriman ke ordermu di TokoTalk, dibutuhkan waktu hingga 10 menit untuk order tersebut dapat terhubung ke HaiStar.
  3. Ketika status ordermu di EOS HaiStar sudah berubah menjadi “Ready to pick”, maka stok di HaiStar akan berkurang.
  4. Setelah itu, kamu juga dapat melihat ordermu yang sudah terhubung di halaman Order HaiStar.

PTS

Cara Integrasi dengan PTS

Sebelum memulai integrasi dengan PTS, pastikan kamu sudah berlangganan paket Pro terlebih dahulu.

  1. Jika sudah, kamu bisa membuka menu Pengaturan > Preferensi > Integrasi Partner.
  2. Lalu, klik tombol + Tambah Integrasi untuk memulai.
  3. Pilih PTS, lalu klik Simpan.
  4. Kemudian, API Key dan Vendor ID milikmu akan segera terbuat. Ketika kamu sudah mendapatkannya, kamu hanya perlu memberikan informasi tersebut ke pihak PTS.
  5. Ketika pihak PTS sudah selesai memproses integrasimu, PTS akan langsung muncul sebagai lokasi di menu Pengaturan > Preferensi > Lokasi.
  6. Proses integrasi dengan PTS sudah selesai dan siap digunakan.

Integrasi Produk

Langkah untuk mengintegrasikan produkmu dengan PTS:

  1. Produk kamu di TokoTalk dan HPTS harus menggunakan kode SKU yang sama agar produk tersebut bisa saling terintegrasi.
  2. Lalu, pastikan produk yang kamu tambahkan di TokoTalk sudah menggunakan “Gunakan Stok” dan produkmu di PTS sudah ditambahkan stoknya 
  3. Jika stok pada PTS tidak dapat ter-integrasi ke tokotalk, kamu bisa menambahkan stok produk mu pada untuk lokasi PTS melalui tokotalk terlebih dahulu

Integrasi Order

  1. Hanya order yang sudah dibayar (“Paid”) dan memiliki nomor resi pengiriman saja yang bisa terhubung.
  2. Ketika kamu sudah memasukkan nomor resi pengiriman ke ordermu di TokoTalk, dibutuhkan waktu paling lama hingga 30 menit untuk order tersebut dapat terhubung ke PTS.

Crewdible

Memulai Integrasi dengan Crewdible

Toko kamu harus berlangganan paket PRO terlebih dahulu untuk bisa diintegrasikan dengan Crewdible. Berikut panduan integrasinya:  

  1. Pilih menu Pengaturan > Preferensi > Integrasi Partner.
  2. Di halaman Integrasi Partner klik tombol +Tambah Integrasi.
  3. Pilih Crewdible/fulfillment dan klik tombol Simpan.
  4. Untuk melihat API key dan Vendor ID klik kolom Crewdible
  5. Copy API key dan Vendor ID. 
  6. Masuk ke website Crewdible, pada website Crewdible pilih menu Setting > Marketplace > pilih TokoTalk.
  7. Masukkan Nama Toko, Vendor ID, dan API key. Klik tombol Tambahkan Akun jika sudah selesai memasukkan informasi dengan benar.
  8. Jika berhasil nama Toko kita akan ada secara otomatis di Halaman marketplace Crewdible.

Integrasi Produk

Untuk mengintegrasikan produkmu dengan Crewdible, ada beberapa langkah yang harus kamu perhatikan. Sebelum memulai integrasi produk pastikan produk kamu sudah memiliki Kode Produk(Untuk produk memiliki varian harus memiliki Kode Varian).

  1. Di website Crewdible pilih menu Setting > Marketplace
  2. Pilih Gudang yang akan digunakan.
  3. Klik pada nama toko kamu yang sudah berhasil terintegrasi.
  4. Kamu akan masuk ke halaman Mapping SKU. Klik tombol Generate SKU untuk memulai Integrasi Produk.
  5. Setelah proses selesai produk kamu TokoTalk juga akan ada di Crewdible.

Integrasi Order

  1. Pastikan tombol “Auto Sync Transaction” Shop pada menu marketplace aktif.
  2. Order harus memiliki resi agar terintegrasi dengan Crewdible.
  3. Order akan terintegrasi secara real time dengan Crewdible.
  4. Stok produk di TokoTalk akan diperbaharui sesuai dengan stok yang ada di Crewdible setelah order terintegrasi.

Integrasi Stok

Sebelum membuat order, pastikan tombol “Auto Sync Stock” Shop pada menu marketplace aktif. Ada beberapa cara untuk mengintegrasikan Stok yang ada di Crewdible ke TokoTalk melalui website Crewdible yaitu : 

  1. Melalui menu Inventory > Inbound, Seller dapat menambahkan Stok dengan menggunakan fitur “+Tambah Stok” yang kemudian akan disetujui oleh pihak gudang. Stok yang diperbaharui melalui fitur ini akan terupdate juga di TokoTalk.
  1. Melalui menu Inventory > Inbound, Seller dapat menambahkan Stok dengan menggunakan fitur “Kirim Stok Batch” yang kemudian akan disetujui oleh pihak gudang. Stok yang diperbaharui melalui fitur ini akan terupdate juga di TokoTalk.
  1. Melalui menu Inventory > Stocks > klik Manual Update. Stock yang diperbaharui melalui fitur Manual Update akan terupdate juga di TokoTalk.
  1. Melalui pembuatan Order. Ketika Order terintegrasi ke Crewdible, stok produk di TokoTalk akan diperbaharui sesuai dengan stok produk di Crewdible.

Catatan:
Saat ini Fullfilment Crewdible hanya bisa mengintegrasi produk dibawah 100.
Jika ada masalah terkait Integrasi, silakan hubungi pihak Crewdible.

Updated on 29 November 2021

Related Articles