1. Home
  2. Iklan Facebook
  3. Fase Pembelajaran & Tips Optimasi Iklan Facebook agar Tidak Boncos
  1. Home
  2. Perangkat Marketing
  3. Fase Pembelajaran & Tips Optimasi Iklan Facebook agar Tidak Boncos

Fase Pembelajaran & Tips Optimasi Iklan Facebook agar Tidak Boncos

Kamu menjalankan kampanye iklan baru dua hari, lalu merasa boncos dan mahal? Mungkin kamu harus berkenalan dengan “Learning Phase

Apa Itu Learning Phase Iklan di Facebook?

Learning phase (fase pembelajaran) adalah masa di mana sistem penayangan masih harus banyak belajar tentang sebuah set iklan. Selama fase pembelajaran, sistem penayangan mencari cara terbaik untuk menayangkan set iklan kamu, sehingga performanya kurang stabil dan biaya per tindakan (Cost per Action) lebih mahal.

Fase pembelajaran terjadi saat kamu membuat iklan atau set iklan baru, atau melakukan pengeditan signifikan pada kampanye yang sudah berjalan.

Facebook ads learning phase fase pembelajaran TokoTalk

Kolom Delivery menandakan “Belajar/Learning” saat set iklan sedang dalam tahap pembelajaran. Meskipun sistem penayangan tidak pernah berhenti belajar tentang cara terbaik untuk menayangkan set iklan, set iklan keluar dari fase pembelajaran segera setelah kinerja stabil biasanya setelah sekitar 50 peristiwa pengoptimalan sejak pengeditan terakhir yang signifikan.

Tips agar Set Iklan Keluar dari Learning Phase

Apa yang harus dilakukan agar set iklan keluar dari fase pembelajaran? Berikut ini tipsnya:

    1. Hindari sering mengedit kampanye iklan kamu. Iklan yang baru diedit, akan masuk ke dalam fase pembelajaran lagi selama seminggu.
    2. Tetapkan anggaran harian (budget) yang realistis untuk kampanye iklan kamu. Meskipun beriklan konversi dengan tipe Catalog Sales bisa dimulai dari Rp25.000 per hari, Facebook menyarankan anggaran Rp150.000 per hari agar keluar dari fase pembelajaran dan bisa memenangkan kompetisi dari pengiklan lainnya.

Facebook juga menyarankan untuk menjalankan kampanye iklan lebih dari seminggu agar data yang didapatkan oleh machine learning semakin banyak untuk hasil yang lebih optimal.

Semoga artikel ini membantu kamu agar kampanye iklan yang dijalankan semakin baik hasilnya. Pelajari lebih lanjut mengenai learning phase dari artikel Facebook!

Updated on 2 Juli 2021

Related Articles