1. Home
  2. Google Shopping
  3. Pertanyaan yang Sering Ditanyakan – FAQ Google Shopping

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan – FAQ Google Shopping

Ada banyak hal-hal yang cukup sering ditanyakan oleh para penjual yang menggunakan TokoTalk terkait Google Shopping. Kamu juga masih punya pertanyaan yang belum terjawab? Temukan jawabannya pada daftar FAQ Google Shopping berikut ini:

Bagaimana Cara Menyambungkan Akun TokoTalk dengan Google Shopping?

  • Masuk ke akun TokoTalk kamu.
  • Buka menu Digital Marketing > Pilih Google Shopping.
  • Klik Hubungkan Google Shopping.
  • Tunggu hingga tombol Set Up Google Shopping muncul, kemudian klik.
  • Klik Hubungkan Produk > tunggu proses sinkronisasi produk sekitar 7 hari.
  • Klik Klaim Website > tunggu proses klaim website kurang lebih 6 jam.
  • Klik Verifikasi > tunggu tim TokoTalk menghubungi kamu untuk proses verifikasi nomor HP.
  • Toko kamu sudah tersambung dengan TokoTalk Google Shopping!

Apa Itu Google Merchant Center?

Google Merchant Center atau GMC adalah fitur Google yang memungkinkan kamu untuk mengunggah produk-produk kamu yang ingin kamu iklankan.

Kamu juga bisa menggunakan GMC untuk menyambungkan produk yang ada di website kamu dengan GMC, sehingga tidak perlu repot untuk unggah produk satu per satu.

Apakah Saya Perlu Membuat Akun Google Merchant Center?

TokoTalk sudah menyediakan fitur Google Shopping dengan proses penyambungan (integrasi) yang sangat mudah dengan GMC khusus untuk tokomu yang sudah terdaftar secara otomatis. Jadi, kamu hanya tinggal menyambungkannya dengan cara klaim website!

Berapa Budget Minimal untuk Iklan?

Kamu butuh minimal Rp50.000/hari untuk beriklan di Google Shopping.

Berapa Lama Waktu Minimal untuk Beriklan?

Kamu butuh minimal 14 hari atau 2 minggu untuk beriklan di Google Shopping.

Apa Ada Tips agar Iklan Bisa Berhasil?

Pada dasarnya algoritme Google Shopping menggunakan keyword sebagai “pemancing”. Jika ingin iklanmu di Google Shopping berhasil, kamu bisa ubah nama produk dan bisa mengubah deskripsi produk kamu dengan minimal 300 karakter.

Sebagai contoh, daripada memberi nama produkmu seperti “Raisa Dress” lebih baik kamu ubah menjadi “Dress Wanita by Tokomu”.

Apakah Iklannya Bisa Dioptimasi?

Bisa. Caranya dengan mengoptimasi nama produk dan deskripsimu, kemudian tingkatkan juga traffic ke website.

Bagaimana jika Produk Ditolak?

Pastikan kamu tidak menjual produk yang dilarang diiklankan di Google Shopping, lihat informasinya di sini. Kamu juga bisa menunggu proses sinkronisasi produk ke Google Merchant Center secara otomatis sekitar 3-7 hari kerja.

Bagaimana Cara Membaca Laporan Google Shopping?

Panduan untuk membaca laporan Google Shopping, kamu bisa baca lebih detail pada artikel cara membaca laporan Google Shopping yang sudah tersedia di halaman pusat bantuan TokoTalk.

Itu dia berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan atau FAQ Google Shopping. Semoga salah satu di antaranya bisa membantu menjawab pertanyaanmu.

Updated on 18 Maret 2022

Related Articles