1. Home
  2. Update Terbaru
  3. Cara Menggunakan StoreLinks

Cara Menggunakan StoreLinks

Kamu bisa membuat link in bio dan menambahkan link akun media sosial dan channel penjualan kamu yang lain menggunakan fitur StoreLinks. Link kamu tersebut akan ditampilkan di toko online kamu dan bisa dikunjungi sebagai landing page oleh customer. Berikut adalah platform dan channel yang bisa kamu tambahkan:

  • Website (custom domain)
  • Instagram
  • WhatsApp
  • LINE
  • Facebook
  • Telegram
  • Tokopedia
  • Shopee
  • Lazada
  • Bukalapak
  • Blibli
  • Zalora
  • Zilingo

Berikut ini cara menambahkan link di StoreLinks:

  1. Akses fitur StoreLinks dari StoreFront, klik tombol fitur lain di pojok kiri atas dan klik StoreLinks
    akses-storelinks-tokotalk
  2. Atur logo toko kamu. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu logo toko kamu untuk diunggah/upload. Gunakan format PNG dan bentuk square untuk image logo untuk hasil yang lebih optimal.
    header-logo-tokotalk
  3. Klik tombol upload dan kemudian akan muncul Pop-up untuk kamu dapat upload file logo kamu. Pastikan logo toko kamu berada di tengah dan tidak terpotong lingkaran.upload-logo-tokotalk
  4. Atur latar belakang StoreLinks kamu. Kamu bisa gunakan gambar atau personalisasi warna yang kamu inginkan. Khusus latar belakang berupa gambar, kamu bisa mengatur agar tampilan desktop dan mobile bisa memiliki gambar latar yang berbeda. Rekomendasi ukuran gambar latar untuk desktop adalah 1920 x 1080 px dan untuk mobile 720 x 1280 pixel.
    latar-belakang-tokotalk
    Pilihan lainnya adalah dengan memberikan warna pada latar belakang StoreLinks kamu sesuai sesuai warna yang kamu inginkan. Personalisasi warna untuk latar belakang ini akan diaplikasikan untuk halaman StoreLinks tampilan desktop dan mobile.
  5. Atur model tombol StoreLinks kamu. Terdapat tiga pilihan tombol yang bisa kamu pilih: Standar, Transparan/Bergaris, dan Kapsul yang dapat dipilih sesuai keinginan.
    Standar
    standar-tokotalk
    Bergaris
    bergaris-tokotalk
    Kapsul
    kapsul-tokotalk
  6. Masukkan link yang kamu inginkan ke dalam StoreLinks dengan cara klik Tambah Link > pilih link yang kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan link channel penjualan kamu yang lain seperti channel marketplace, media sosial, Line, WhatsApp serta custom link apabila ada.
    jenis-link-tokotalk
  7. Tambahkan informasi link. Kamu bisa menambahkan lebih dari satu platform atau channel yang sama. Misalnya, kamu bisa memiliki tiga WhatsApp dan dua akun Instagram. Jumlah link yang kamu miliki pada StoreLinks tidak terbatas. Namun untuk tampilan StoreLinks lebih optimal, kamu cukup pasang 4-6 link saja. Jangan lupa tambahkan informasi link kamu dan klik tambahkan.
    button-link-tokotalk
  8. Tambahkan efek pada tombol pilihan kamu. Penambahakn efek pada tombol link bisa meningkatkan perhatian dari customer untuk klik. Klik link yang akan kamu berikan efek > klik dropdown untuk memilih efek yang tersedia > pilih efek yang sesuai kamu inginkan.
    efek-link-tokotalk
    Catatan: hanya satu link saja yang dapat kamu aplikasikan efek, oleh karena itu pilihlah link yang kamu ingin tonjolkan untuk mendapat perhatian dari customer kamu.
  9. Atur preview produk toko kamu. Atur preview toko kamu dengan klik tampilan toko > Produk (Terbaru).  Produk yang akan ditampilkan adalah produk yang terdaftar pada StoreFront.
    tampilan-storelinks-tokotalkproduk-tokotalk
    Apabila kamu tidak menginginkan untuk menampilkan preview toko kamu, kamu dapat mengatur untuk sembunyikan dengan klik ‘Sembunyikan’
    sembunyikan-toko-tokotalk
    sembunyikan-tokotalk
  10. Sembunyikan dan hapus link. Apabila kamu ingin menyembunyikan official website maka dapat klik tombol view untuk menampilkan dan untuk sembunyikan tombol link.
    link-storelinks-tokotalkKamu dapat sembunyikan link selain official website dengan klik ubah kemudian klik pada toggle yang tersedia pada pop-up “Ubah Link”.
    Catatan: link official website tidak dapat dihapus dari halaman StoreLinks, namun hanya dapat disembunyikan.
  11. Atur urutan link. Kamu dapat melakukannya dengan klik tombol garis dan pindahkan ke urutan yang kamu inginkan
    pindahkan-link-tokotalk
  12. Memasukkan produk marketplace.Kamu dapat memasukkan preview produk yang dijual di marketplace kamu ke StoreLinks. Kamu bisa melakukan highlight pada produk tertentu yang ingin kamu perlihatkan kepada buyer kamu.link-marketplace-tokotalk
  13. Memasukkan video youtube.
    Memberikan video juga bisa kamu tambahkan pada StoreLinks.  Dengan video ini kamu bisa memberikan tampilan gambar bergerak
    sorotan-youtube-tokotalk
  14. Ganti halaman penyambutan. Kamu perlu melakukan penyesuaian dengan klik Ganti halaman penyambutan > Change (pada bagian halaman penyambutan) > klik StoreLinks
    halaman-penyambutan-storelinks-tokotalk

 

Updated on 4 Agustus 2022

Related Articles