Pada bagian Download Ekstensi, klik Download. Anda akan dihadapkan pada halaman baru, kemudian klik “Add to chrome“
Buka Google Chrome, lalu pada bagian kanan atas, klik ikon (• • •), pilih menu More tools > Extensions. Jika kamu menggunakan macOS, kamu bisa menemukannya di Window > Extensions.
Ketika sudah selesai, akan muncul tampilan seperti ini di daftar Ekstensi kamu.
Buka kembali WhatsApp Web. Jika ekstensi sudah berhasil terpasang, kamu akan melihat tombol Lihat di samping nama atau nomor HP customer dan logo TokoTalk di bar bagian bawah. Kamu juga bisa mengecek apakah ekstensi sudah terpasang dengan cara melihat logo TokoTalk yang ada di samping search bar Google Chrome.
Membuat format order customer untuk Asisten WhatsApp TokoTalk
Sebelum menggunakan fitur Asisten WhatsApp TokoTalk, kamu harus membuat format order untuk digunakan customer. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat format order:
Klik logo TokoTalk di bar bagian bawah pada chat di WhatsApp Web.
Kamu akan diarahkan ke halaman Asisten WhatsApp TokoTalk.
Klik + Format Order.
Lengkapi format order dengan informasi yang sesuai.
Judul format order: Masukkan nama format order yang diinginkan, misalnya, “Order sale 11.11”. Nama format order ini hanya dapat dilihat olehmu.
Produk: Kamu bisa memasukkan produk tertentu ke dalam format order jika kamu ingin membantu customer memesan lebih cepat tanpa harus mengetik nama produk lagi. Atau, kamu juga dapat membiarkannya kosong.
Shipping: Isi dengan metode pengiriman yang ingin digunakan.
Payment: Isi dengan metode pembayaran yang ingin digunakan.
Klik Simpan.
Ketika sudah jadi, format order akan terlihat seperti ini.
Memproses chat menjadi order
Ikuti langkah-langkah berikut untuk memproses format order customer yang kamu terima di WhatsApp menjadi order di tokomu:
Klik Salin pada bagian Format Order untuk menyalin teks format order dan memberikannya ke customer.
Kirim salinan format order ke customer melalui WhatsApp Web.
Ketika customer sudah mengisi format order yang kamu berikan di WhatsApp, akan muncul tombol Submit di bagian bawah chat customer. Perhatian! Tombol Submit hanya akan muncul jika format order diisi dengan tepat.
Klik tombol Submit, kemudian layar TokoTalk akan terbuka dari WhatsApp kamu.
Informasi customer kamu akan otomatis terisi sesuai dengan yang mereka tulis di chat WhatsApp.
Apabila kamu ingin memberitahu customer kamu tentang total harga dan pilihan metode pembayaran, klik Send Calculation pada bagian Pembayaran di layar TokoTalk. TokoTalk kemudian akan mengirimkan chat berisi total harga dan pilihan metode pembayaran ke customer.
Jika customer sudah yakin akan membeli (checkout), klik Buat di layar TokoTalk.
Order akan dan chat instruksi pembayaran beserta link detail order terkirim otomatis ke customer.
Mengecek info customer dari WhatsApp
Setelah Asisten WhatsApp TokoTalk terpasang, akan muncul tombol Lihat di sebelah kiri nomor HP atau nama customer di WhatsApp.
Klik Lihat untuk mengecek apakah nomor HP atau nama customer tersebut sudah pernah ada atau belum di daftar customer tokomu.
Info tambahan mengenai Asisten WhatsApp TokoTalk
Berikut adalah daftar keyword yang bisa customer kamu gunakan agar pilihan metode pengiriman mereka terdeteksi oleh TokoTalk:
Metode pengiriman
Keyword
J&T
j&t, jnt
JNE
jne
TIKI
tiki
Pos Indonesia
pos indonesia, pos
Wahana
wahana
Ninja Express
ninja express, ninja
SiCepat Ekspres
sicepat ekspres, sicepat
Lion Parcel
lion parcel, lion
SAP Express
sap express, sap
JET Express
jet express, jet
Indah Cargo
indah cargo, indah
Janio
janio
DHL
dhl
GoSend integration
gosend
GoSend separated fee
gosend manual
Grab Express
grab
Customer picks up package
manual
Fixed pricing
harga tetap
Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)
Bagaimana jika saya ingin menggunakan format order dalam bahasa Inggris? Buka halaman Preferensi > Pengaturan Admin, lalu ganti bahasa admin menjadi bahasa Inggris. Kemudian, format order yang ada di halaman Asisten WhatsApp TokoTalk akan berubah menjadi bahasa Inggris. Salin, lalu bagikan kepada customer.
Apakah saya dapat mengubah susunan atau menambahkan kata-kata lain ke dalam format order? Bisa, tetapi hal tersebut belum dapat dilakukan di dalam TokoTalk untuk saat ini sehingga kamu harus melakukannya secara manual.
Apa yang terjadi apabila customer mengosongkan atau salah mengisi teks di format order? Chat tetap dapat diubah menjadi order TokoTalk, tetapi bagian yang salah atau tidak diisi oleh customer harus dikoreksi secara manual nantinya. Contohnya, jika customer tidak mengisi atau salah mengetik nama produk, bagian Produk akan kosong ketika diubah menjadi order sehingga kamu harus menambahkan produk secara manual.
Bagaimana jika produk saya memiliki varian atau customer ingin memesan lebih dari satu produk? Customer perlu menambahkan teks Varian dan judul varian, lalu menuliskan nama varian produk yang ingin dibeli. Lihat contoh di bawah ini!
Produk: Buku Tulis Sekolah Lucu Varian:Ukuran: Kecil, Warna: Hitam Jumlah1: 1
Jika customer ingin memesan lebih dari satu produk, mereka perlu memberikan urutan angka pada format order. Lihat contoh di bawah ini!
Produk1: Buku Tulis Sekolah Lucu Varian1:Ukuran: Kecil, Warna: Hitam Jumlah1: 1 Produk2: Stiker Hias Buku Tulis Varian2: Warna: Biru Tua Jumlah2: 1