Masuk/Daftar
logo TokoTalk
  • Home
  • Ide Bisnis
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
    • Digital Marketing
  • Istilah Bisnis
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Info
    • Produk
    • Event
    • Kabar UMKM
    • Kisah Sukses
No Result
View All Result
logo TokoTalk
  • Home
  • Ide Bisnis
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
    • Digital Marketing
  • Istilah Bisnis
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Info
    • Produk
    • Event
    • Kabar UMKM
    • Kisah Sukses
Masuk/Daftar
No Result
View All Result
logo TokoTalk
No Result
View All Result
Home Media Sosial Instagram Strategi Branding di Instagram untuk Online Sellers

Strategi Branding di Instagram untuk Online Sellers

Shafira Anjani Adardam by Shafira Anjani Adardam
24 Januari 2019
Strategi Branding di Instagram untuk Online Sellers

Instagram kini telah menjadi platform bisnis online yang sangat digandrungi. Lebih dari 80 persen penggunanya mengikuti akun bisnis di platform media sosial milik Facebook tersebut. Ini berarti terdapat lebih dari 560 juta pengguna di Instagram di seluruh dunia yang bisa dijadikan calon customer.

Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan bisnis online Anda di Instagram dengan menciptakan branding yang jitu. Langkah-langkah ini dapat diterapkan agar bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak orang, dan pada akhirnya, menghasilkan lebih banyak keuntungan. Mari disimak!

Ciptakan konten berkualitas

Hal pertama yang terpenting dan harus Anda lakukan adalah menciptakan konten berkualitas. Orang tidak akan tertarik mengikuti akun Anda bila isinya tidak menarik. Anda bisa  mendapatkan inspirasi dan referensi konten dari akun-akun lain yang menurut Anda bagus. Biasakan untuk mengambil screenshot setiap post yang menarik perhatian Anda untuk dijadikan referensi.

Jaga konsistensi brand

Brand lebih dari sekadar nama dan logo. Brand berhubungan dengan semua aspek yang Anda gunakan, mulai dari gaya gambar atau foto, gaya penulisan caption, seberapa sering Anda posting, dan masih banyak lagi.

Vans menjaga konsistensi brand-nya dengan menyajikan foto-foto yang berkaitan erat dengan imejnya, yaitu muda dan aktif.

Jika Anda berhasil menyajikan konten yang unik dengan konsisten, brand awareness produk Anda akan cepat meningkat.

Cari tahu waktu posting terbaik

Salah satu kunci keberhasilan di Instagram adalah menyajikan konten dengan rajin dan konsisten. Namun, ada satu hal penting yang harus Anda ingat: posting harus rutin tapi jangan mengganggu pengikut Anda dengan update yang berlebihan. Anda bisa melakukan tes terlebih dulu di beberapa waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana post yang memiliki engagement (atau keterlibatan dengan pengguna—bisa berupa likes atau komentar) paling tinggi.

Meskipun begitu, menjaga konsistensi posting ini cukup sulit karena Anda juga butuh waktu untuk mengurus aspek lain bisnis Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen media sosial seperti Buffer atau Sprout Social. Anda cukup menyiapkan konten sebelumnya, kemudian gunakan salah satu aplikasi tersebut untuk menjadwalkan waktu posting-nya.

Buat panduan gaya Instagram Anda

Akun Instagram sebuah brand sebaiknya memiliki gaya tersendiri sebagai ciri khas dan untuk membedakan dengan brand lain.

Cobalah membuat sebuah panduan mengenai post Instagram Anda. Apakah Anda mau menggunakan emoji di caption post Anda? Apakah Anda ingin menggunakan bahasa formal atau informal untuk penulisan caption? Apakah Anda ingin menggunakan ilustrasi atau foto untuk post Anda? Panduan gaya ini akan membuat akun Instagram Anda memiliki ciri khas, konsisten, dan mudah diingat.

Visual yang konsisten

Sebuah laporan dari Sprout Social mengatakan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post. Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Anda, akun Instagram Bisnis Anda akan memiliki sebuah gaya dan ciri khas yang mudah dikenali oleh pengikut Anda. Semakin mudah dikenali foto Anda, semakin besar kemungkinan pengikut Anda akan menekan like dan meninggalkan komentar.

Sensatia Botanicals, produk perawatan wajah dari Bali, konsisten menggunakan filter warna bernuansa earth untuk menggambarkan produknya yang ramah lingkungan dan natural.
Brand kosmetik MAC menggunakan warna-warna menyolok untuk foto-fotonya, sesuai dengan imej produknya yang bold dan playful.

Instagram memiliki 40 jenis filter yang bisa Anda pilih. Menurut Canva, yang terpopuler hingga hari ini adalah Clarendon, tetapi Anda bisa mencoba satu per satu untuk menemukan yang menurut Anda cocok dengan brand dan produk Anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti VSCO dan Adobe Lightroom untuk mengedit foto Anda. Kedua aplikasi ini menyediakan filter dan opsi editing yang bisa membantu Anda menemukan gaya yang sesuai dengan brand Anda.

Pilih objek yang ingin Anda tampilkan

Secara visual, Anda perlu menentukan konten apa yang ingin Anda jadikan fokus dari akun Anda. Tentunya, jika Anda menjual baju, foto-foto yang akan Anda unggah di akun Instagram Bisnis Anda adalah foto-foto baju.

Jika Anda memiliki restoran, tentunya Anda akan mengunggah gambar-gambar makanan dari restoran Anda.

Tapi, tentu saja sesekali Anda boleh mengunggah gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda, tetapi bisa menjadi post menarik untuk pengikut Anda.

Misalnya foto staf bisnis Anda untuk menjadikan profil Anda menjadi lebih personal.

Jangan sepelekan caption

Instagram memang berfokus pada konten visual, tetapi jangan abaikan caption yang menyertai setiap foto.

https://www.instagram.com/p/BrwobGiHayA/

Caption memberikan peluang besar bagi bisnis Anda untuk menceritakan sebuah kisah, memberikan konteksnya, dan bahkan menghibur pengikut Anda.

Gunakan multiple photos

Anda bisa memasukkan hingga sepuluh foto dan video ke sebuah post. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menggeser dan melihat setiap konten secara individual.

https://www.instagram.com/p/BsqbF0bBt6v/

Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menggabungkan foto dan video agar kisah dan informasi yang Anda sajikan terasa lebih menarik.

Manfaatkan Instagram Story

Instagram Story telah mengumpulkan rata-rata 400 juta pengguna harian. Angka yang fantastis in dapat menjadi bukti bahwa bisnis online Anda harus bisa memanfaatkan fitur Instagram Story untuk ajang promosi.

Instagram Story bisa menjadi fitur yang jitu untuk mengasah kreativitas Anda dalam menciptakan foto dan video yang menarik perhatian.

Bekerja sama dengan influencer

Carilah influencer di Instagram yang relevan dengan brand atau bisnis Anda, dan hubungi mereka untuk bekerja sama dalam bentuk konten bersponsor di akun mereka sendiri. Mensponsori mereka dengan produk Anda bisa menjadi cara yang baik untuk mengekspos brand Anda ke komunitas Instagram yang lebih luas. Banyak influencer yang mematok tarif tinggi jika Anda ingin bekerja sama dengan mereka. Meskipun begitu, Anda bisa menemukan influencer yang mungkin memiliki lebih sedikit pengikut tapi tarifnya masih sesuai dengan kantong Anda.

Simpulan

Dengan satu miliar pengguna aktif, kekuatan dan jangkauan Instagram memang tidak dapat diragukan lagi. Dimulai sebagai aplikasi foto sederhana pada 2010,  sekarang Instagram telah mengalami banyak perubahan dan bertransformasi menjadi sebuah platform media sosial yang memungkinkan pengguna membangun identitas visual bisnis mereka.

Jangan pernah lupakan bahwa pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Buatlah foto dan video yang memberi audiens Anda informasi menarik atau tunjukkan brand Anda dengan cara baru dan unik.

Bagikan Artikel

ShareTweetSendSendShare
Shafira Anjani Adardam

Shafira Anjani Adardam

Content Marketing Lead
Shafira mengawali karier di TokoTalk sebagai Content Writer. Ia pernah dipercaya menjadi Partner Marketing Lead dan kini bertanggung jawab sebagai Content Marketing Lead. Terkait kepenulisan, Shafira pernah menjadi Asisten Editor penerbit nasional. Ia pun memiliki ketertarikan pada bidang paid marketing, social media, dan content strategy.

Artikel Terkait

apa-itu-paid-promotion-tokotalk
Media Sosial

Apa Itu Paid Promote? Cara Kerja, Jenis, Manfaat, Tips, dll

24 Maret 2022
apa-itu-link-bio-tokotalk
Instagram

Apa Itu Link Bio? Keunggulan, Jenis, dan Cara Membuat

16 Maret 2022
cara menambah followers IG - TokoTalk
Instagram

11 Cara Menambah Followers Instagram Gratis Tanpa Aplikasi

25 Desember 2021
facebook commerce - facebook marketplace TokoTalk
Facebook

16 Penyebab Produk Ditolak Facebook Marketplace dan Solusinya

3 Juni 2021
Facebook Pixel adalah fitur analitik website - TokoTalk
Facebook

Facebook Pixel: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

28 Mei 2021
cara memaksimalkan fitur instagram shopping TokoTalk
Instagram

7 Cara Memaksimalkan Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan

23 April 2021
Banner Login Signup TokoTalk Banner Login Signup TokoTalk Banner Login Signup TokoTalk

Berlangganan Newsletter Gratis

loader

Dapatkan Artikel Bisnis Eksklusif dari TokoTalk!

TOKOTALK

  • Tentang Kami
  • Paket
  • Testimoni
  • Karier

LAINNYA

  • Pusat Bantuan
  • Syarat & Ketentuan
  • Kebijakan Privasi

KONTAK

  • Partnership: partnership@tokotalk.com
  • Customer Support: support@tokotalk.com

MEDIA SOSIAL

© 2021 TokoTalk. Hak Cipta Dilindungi.

No Result
View All Result
  • Home
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
  • Info
    • Produk
    • Event
  • Kisah Sukses
  • Kabar UMKM
  • Masuk / Daftar

© 2022 TokoTalk. Hak Cipta Dilindungi.