Masuk/Daftar
logo TokoTalk
  • Home
  • Ide Bisnis
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
    • Digital Marketing
  • Istilah Bisnis
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Info
    • Produk
    • Event
    • Kabar UMKM
    • Kisah Sukses
No Result
View All Result
logo TokoTalk
  • Home
  • Ide Bisnis
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
    • Digital Marketing
  • Istilah Bisnis
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Info
    • Produk
    • Event
    • Kabar UMKM
    • Kisah Sukses
Masuk/Daftar
No Result
View All Result
logo TokoTalk
No Result
View All Result
Home Media Sosial Facebook Cara Mudah Menggunakan Facebook Pixel bagi Pemula

Cara Mudah Menggunakan Facebook Pixel bagi Pemula

Cindy Pricilla Muharara by Cindy Pricilla Muharara
27 Juli 2019
Facebook Pixel

Setiap pemilik toko online pasti ingin website-nya memiliki traffic yang tinggi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan beriklan melalui Facebook. Beriklan di Facebook membutuhkan anggaran dan Anda sebagai pemilik bisnis, tentu memahami pentingnya efektivitas dalam mengelola pengeluaran. Nah, untuk memaksimalkan budget iklanmu, tahukah Anda bahwa Facebook memiliki fitur Facebook Pixel? Facebook Pixel bisa menjadi cara untuk memaksimalkan segmentasi iklan berdasarkan aktivitas dari masing-masing target audiens. Bagaimana cara membuat Facebook Pixel? Bagaimana cara mengintegrasikan ke website toko online Anda di TokoTalk? Berikut ini pembahasan mengenai cara mudah menggunakan Facebook Pixel yang ditulis khusus bagi pemula.

Apa itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah suatu kode analitik yang memungkinkan Anda mengukur efektivitas iklan dengan memahami dan merekam tindakan yang dilakukan orang di website Anda. Anda dapat menggunakan Facebook Pixel untuk:

  • Memastikan iklan Anda ditampilkan ke orang yang tepat
  • Mendorong lebih banyak penjualan
  • Mengukur hasil iklan Anda

Metrik dan data yang dihasilkan dari Facebook Pixel terkait orang-orang yang mengunjungi website Anda melalui iklan dapat dimanfaatkan dalam iklan selanjutnya. Sehingga Anda dapat menargetkan iklan dengan lebih baik untuk memaksimalkan konversi dan meningkatkan penjualan.

Manfaat menggunakan Facebook Pixel

Banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda menggunakan Facebook Pixel pada website Anda. Hal ini sangat berkaitan dengan anggaran yang Anda keluarkan pada Facebook Ads menjadi lebih maksimal. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memasang Facebook Ads:

1. Melihat traffic website

Facebook Pixel memiliki dashboard yang bisa Anda gunakan untuk melihat traffic yang masuk ke website Anda. Dari situ, Anda bisa mendapatkan insight mengenai bagaimana pengunjung melakukan interaksi dalam website Anda.

  • Melacak konversi

Facebook Pixel memungkinkan Anda untuk merekam tindakan yang dilakukan pengunjung website setelah mengklik iklan Facebook yang sedang berjalan. Facebook Pixel dapat mengukur tingkat konversi iklan Facebook Anda dan melacak perangkat yang digunakan oleh customer Anda.

  • Mengoptimalkan kampanye iklan Facebook

Setelah Facebook Pixel behasil mengumpulkan data, Anda dapat memperbaiki strategi kampanye iklan Facebook dan Instagram untuk meningkatkan kualitas iklan sehingga konversi penjualan dari iklan Anda meningkat. Selain itu, Anda dapat menggunakan Facebook Pixel untuk menampilkan iklan kepada audiens yang kemungkinan besar menyukai produk atau servis Anda, dan akan melakukan tindakan yang Anda targetkan, seperti melakukan add to cart (pembelian).

  • Retargeting pengunjung website Anda

Apakah Anda pernah melihat suatu produk di website, tidak jadi membelinya, kemudian tiba-tiba mendapatkan iklan produk tersebut di media sosial Anda? Terima kasih pada Facebook Pixel! Dengan data pelacakan Facebook Pixel, Anda dapat menayangkan iklan yang relevan dengan audiens yang telah melakukan suatu aksi terhadap produk atau layanan Anda.

  • Jangkau orang yang tepat

Manfaat lain dari Facebook Pixel ialah Anda dapat meraih lebih banyak calon customer melalui Facebook. Data dari Facebook Pixel akan menciptakan audiens serupa (Lookalike Audience) dari orang-orang yang menyukai atau memiliki minat serupa dengan customer terbaik Anda.

Bagaimana cara kerja Facebok Pixel?

Ketika seseorang mengunjungi website Anda dan mengambil tindakan (misalnya, membeli sesuatu), Facebook Pixel terpicu dan melaporkan tindakan ini. Dengan cara ini, Anda akan tahu kapan customer mengambil tindakan setelah melihat iklan Facebook Anda. Anda juga dapat menjangkau customer ini lagi dengan menggunakan fitur Custom Audience. Ketika semakin banyak konversi terjadi di website Anda, Facebook menjadi lebih baik dalam mengirimkan iklan Anda kepada orang-orang yang lebih cenderung mengambil tindakan tertentu. Hal inilah yang membuat iklan Anda lebih relevan dan dapat mengoptimasikan konversi.

Cara membuat Facebook Pixel dan memasang pada website TokoTalk

Create a Facebook Pixel
  1. Buka Facebook Ads Manager. Klik menu Tools, lalu temukan Pixels pada bagian Events Manager.
  2. Klik Create a Pixel seperti yang terlihat pada gambar.
  3. Akan ada menu Pop Up yang muncul dan menampilkan nama Pixel Anda, lalu klik Create. Tunggu sampai proses instalasi Pixel selesai.
  4. Setelah itu pilih akan muncul opsi “Connect a Partner Platform”, “Manually Install the Code Yourself”, atau “Email Instructions to a Developer”. Klik saja tanda “X” atau cancel, karena tidak perlu setting standard event Facebook Pixel sendiri, serahkan semua itu pada TokoTalk.
  5. Selesai! Kode Facebook Pixel Anda sudah jadi!
Facebook Pixel ID TokoTalk

Setelah itu, Anda akan melihat Facebook Pixel ID berupa sejumlah kode angka yang bisa Anda salin di website TokoTalk pada bagian menu “Pengaturan Toko” – “Preferensi” – “Marketing & Statistik”, lalu cari kolom Facebook Pixel ID, masukkan Pixel ID Anda, lalu klik Simpan. Selesai deh! Mudah, kan?

Bagikan Artikel

ShareTweetSendSendShare
Cindy Pricilla Muharara

Cindy Pricilla Muharara

Digital Marketing Operations
Cindy pertama kali bergabung dengan TokoTalk sebagai Digital Marketing Specialist. Kini ia mengisi posisi Digital Marketing Operations dan bertanggung jawab sebagai konsultan untuk seller online shop. Ia tengah fokus membantu aktivasi Instagram Shopping dan paid marketing. Cindy memiliki ketertarikan akan dunia digital, media sosial, dan kepenulisan.

Artikel Terkait

apa-itu-paid-promotion-tokotalk
Media Sosial

Apa Itu Paid Promote? Cara Kerja, Jenis, Manfaat, Tips, dll

24 Maret 2022
apa-itu-link-bio-tokotalk
Instagram

Apa Itu Link Bio? Keunggulan, Jenis, dan Cara Membuat

16 Maret 2022
cara menambah followers IG - TokoTalk
Instagram

11 Cara Menambah Followers Instagram Gratis Tanpa Aplikasi

25 Desember 2021
facebook commerce - facebook marketplace TokoTalk
Facebook

16 Penyebab Produk Ditolak Facebook Marketplace dan Solusinya

3 Juni 2021
Facebook Pixel adalah fitur analitik website - TokoTalk
Facebook

Facebook Pixel: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat

28 Mei 2021
cara memaksimalkan fitur instagram shopping TokoTalk
Instagram

7 Cara Memaksimalkan Instagram Shopping untuk Meningkatkan Penjualan

23 April 2021
Banner Login Signup TokoTalk Banner Login Signup TokoTalk Banner Login Signup TokoTalk

Berlangganan Newsletter Gratis

loader

Dapatkan Artikel Bisnis Eksklusif dari TokoTalk!

TOKOTALK

  • Tentang Kami
  • Paket
  • Testimoni
  • Karier

LAINNYA

  • Pusat Bantuan
  • Syarat & Ketentuan
  • Kebijakan Privasi

KONTAK

  • Partnership: partnership@tokotalk.com
  • Customer Support: support@tokotalk.com

MEDIA SOSIAL

© 2021 TokoTalk. Hak Cipta Dilindungi.

No Result
View All Result
  • Home
  • Media Sosial
    • Facebook
    • Instagram
  • Tips & Trik
    • Bisnis
    • SEO
  • Info
    • Produk
    • Event
  • Kisah Sukses
  • Kabar UMKM
  • Masuk / Daftar

© 2022 TokoTalk. Hak Cipta Dilindungi.